Dorong Industri Kreatif, Kemenperin akan Gelar IGDS 2020

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan menggelar Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 sebagai ajang menciptakan ekosistem industri kreatif di Indonesia. Khususnya sektor Industri Kecil Menengah (IKM) dinilai perlu meningkatkan kualitas desainnya agar bisa mengikuti selera konsumen dan mampu kompetitif dengan produk impor.

Acara peluncuran IGDS diluncurkan oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih secara virtual, Rabu (22/7).

Pada acara tersebut Penghargaan IGDS diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk industri yang memiliki potensi pasar ekspor, selain itu juga dapat melahirkan produk maupun konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis, namun juga fungsi serta mendatangkan manfaat ekonomi bagi desainer dan pelaku industri senagai pemilik desain sekaligus menjadi motor pendorong bagi dunia desain nasional. Sehingga bisa meningkatkan citra positif terhadap produk Indonesia di kancah global.

IGDS 2020, rencananya akan mengusung tema Produk Keren Indonesia dengan dua kategori penghargaan, pertama IGDS Design Product yang diberikan atas desain produk industri berkualitas baik yang telah, sedang atau masih diproduksi. Kedua, IGDS Design Concept yang diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk purwarupa atau prototype dan atau sampel produk.

Untuk jenis penghargaan, sama seperti tahun sebelumnya (IGDS 2020) dengan menghadirkan beberapa jenis penghargaan, diantaranya :

  1. Good Design, Best 20 yang diberikan kepada 20 produk terbaik,
  2. People’s Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih langsung oleh mayarakat umum.
  3. Penghargaan Best 3 yang diberikan kepada tiga produk terbaik, dan
  4. Penghargaan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik,

Adapun para pemenang IGDS 2020 akan mendapatkan piagam, trofi, hak penggunaan logo IGDS dan sejumlah uang pembinaan. Pendaftaran ajang ini dimulai 22 Juli sampai 30 September 2020 melalui website www.igds.kemenperin.go.id.