METROLOGI KUNJUNGI PERTASHOP DI KULON PROGO

 

UPT Metrologi Legal Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo pada hari Rabu tanggal 15 Juli 2020 bersilaturahmi sekaligus survey dan pengawasan Pertashop di Dusun Ngaliyan Kalurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh. Di Dusun ini beroperasi pertashop yang sudah legal karena mendapat ijin resmi dari pertamina dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo. Dipimpin Langsung Kepala UPT Metrologi Legal Bekti Cahyono ST, kunjungan ini selain sebagai sarana silaturahim juga untuk mendapatkan informasi terkait kelengkapan spesifikasi  Mesin dispenser Pertashop yang akan menjadi kewenangan UPT Metrologi untuk pembubuhan tanda tera yang sah.

 Seperti yang diketahui bersama bahwa Kementerian Dalam Negeri dan PT. Pertamina (Persero) melakukan kerjasama mengenai dukungan pemerintah dan masyarakat desa dalam peningkatan dan pengembangan program Pertashop di desa memanfaatkan aset desa.

Bentuk kerjasama desa melalui program Pertashop adalah kerjasama kemitraan yaitu PT. Pertamina (persero) selaku operator penyedia BBM bekerjasama dengan pemerintah desa dan mitra swasta yang berbadan usaha berbentuk CV (Commanditaire Vennootschap), Koperasi atau Perseroan Terbatas (PT).

Melalui program Pertashop ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat desa untuk mendapatkan akses BBM sekaligus memberikan dampak ekonomi dan nilai tambah aset bagi pemerintah desa rangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan produk atau jasa yang terintegrasi dengan program pemerintah desa.

Di Kulon Progo direncanakan berdiri 2 pertashop yaitu di Samigaluh dan Bumirejo Lendah. Dan sampai berita ini di muat baru di Samigaluh yang sudah beroperasi sedangkan yang di Kalurahan Bumirejo baru dalam tahap kajian.