KULON PROGO MENERIMA BANTUAN PERALATAN MESIN BAGI IKM PENGELASAN DARI KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN RI

Kamis 16 Juli 2020, Kabupaten Kulon Progo kembali mendapatkan amanah untuk menerima hibah peralatan produksi bagi Kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pengelasan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Dalam virtual meetingnya, Ir. Endang Suwartini, M.Sc selaku Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kemenperin Ri menyampaikan bahwa Kabupaten Kulon Progo kembali mendapatkan kepercayaan untuk menerima hibah peralatan produksi bagi Kelompok IKM ini, kerjasama yang telah terjalin antara Kementerian Perindustrian RI khususnya Direktorat IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo selama ini menjadi berkah bagi IKM Kulon Progo yang saat ini sedang lesu akibat pandemi Covid 19. 

Dalam sambutannya melalui virtual meeting, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo Ibu Iffah Mufidati, SH, MM, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Kementerian Perindustrian Khususnya Direktorat IKM Logam Mesin Elektronika dan Alat Angkut atas perhatiannya terhadap pelaku-pelaku usaha industri khususnya yang terkait dibidang industri pengelasan di Kabupaten Kulon Progo. Alhamdulillah, pada kesempatan ini kami mendapatkan bantuan hibah mesin peralatan bagi IKM Las untuk 2 (dua) kelompok IKM yaitu IKM Berkah Las, Kedungggalih, Pengasih dan IKM Sendang Arta, Kroco, Pengasih.

Kedepan, semoga kerjasama yang sudah terjalin baik ini dapat terus kita bina dan terus ditingkatkan serta bersinergi dalam menyusun program-program/kegiatan dalam Bidang Urusan Perindustrian yang muaranya untuk kepentingan masyarakat khususnya IKM di Kabupaten Kulon Progo agar dapat terus tumbuh dan berkembang lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo juga berpesan kepada Kelompok IKM penerima (IKM Berkah Las dan IKM Sendang Arta), setelah peralatan produksi tersebut diserahterimakan kepada Kelompok IKM, manfaatkan peralatan tersebut dengan sebaik-baiknya, dan gunakan mesin dan peralatan tersebut untuk kesejahteraan bersama anggota kelompoknya. Dan jangan berhenti sampai disini saja, terus kembangkan mesin peralatan tersebut baik secara kuantitas maupun teknologinya sehingga Kelompok IKM ini dapat terus meng”upgrade” kemampuannya. Dan saya berharap, Kelompok IKM ini juga bisa menjadi contoh bagi Kelompok IKM lainnya untuk bisa terus berinovasi dan berkreasi untuk kemajuan bersama. Mari tingkatkan kemampuan SDM, penguasaan teknologi produksi, dan permodalan, jangan ragu untuk sharing kepada kami di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo. (aw)