Kegiatan Bimbingan Teknis Produk Kerajinan

Disperindag ESDM Kulon Progo, Dekranasda Kulon Progo

Didukung PT. BPD DIY

Dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Produk Kerajinan

 

 

            Lemahnya desain dan pewarnaan produk seni kerajinan merupakan salah satu kendala sulitnya produk seni kerajinan Kabupaten Kulon Progo memiliki daya kompetitif di pasar, baik nasional, regional maupun internasional.

Untuk itu Dekranasda Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Dinas Perindag dan ESDM Kabupaten Kulon progo, serta didukung oleh PT. BPD DIY, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Produk Kerajinan. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 11 s/d 12 Juni 2014 yang diikuti oleh 30 orang pelaku usaha seni kerajinan dan dihadiri oleh Drs. H. Fauzandaru, M.M. dari Bidang Program dan Kerjasama, Bp. Jumal Wiyanto, S.E. selaku Sekertaris Dekranasda Kulon Progo, PT. BPD DIY, BRI Cab. Wates, dan Instansi Pemerintah selaku pembina IKM antara lain ; Dinas Perindag dan ESDM Kulon Progo, Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo, Dinas Kebudayaan, Kulon Progo dan Humas TI Kulon Progo, pada kesempatan ini Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Ibu Dra. Niken Probo Laras, S.Sos., M.H. yang juga sebagai Ketua Harian Dekranasda Kab. Kulon Progo menandaskan bahwa produk kerajinan mempunyai peran yang cukup signifikan terhadap peningkatan perekonomian rakyat dan kunjungan wisata. 

            Oleh karena itu dalam rangka menangkap peluang yang dengan adanya mega proyek, mau tidak mau, suka atau tidak suka produk kerajinan harus berbenah diri, baik dari sisi kualitas, desain dan motivasi berusaha untuk ditingkatkan, lebih jauh ditekankan kualitas produk kerajinan juga sangat tergantung pada tingkat ketrampilan pembuat produk yang didasarkan pada empat kemampuan yaitu;

·         Kemampuan teknik produksi,

·         Penguasaan prosedur dan proses,

·         Pemahaman tentang bahan dan peralatan yang dipakai, dan

·      Kemampuan bertindak cepat dalam memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

Kerajinan membawa kita semua untuk tidak sekedar tahu, seperti dalam hidup, kita harus mampu berbuat tidak sekedar teori tetapi kita harus praktek (jalani). Dan bilamana dikaitkan dengan berbagai megaproyek yang akan dikembangkan di Kabupaten Kulon Progo (Pabrik besi baja, pelabuhan Tanjung Adikarta, Kawasan Industri dan bandara Internasional) peluang produk seni kerajinan sangat menjanjikan dan sangat terbuka.