TEMU USAHA KERJASAMA KEMITRAAN USAHA PERDAGANGAN BERSAMA PRAKTISI PERDAGANGAN

Dalam rangka meningkatkan kerjasama kemitraan antara IKM dengan pelaku usaha besar, Seksi Promosi dan Distribusi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Temu Usaha Kerjasama Kemitraan Usaha Perdagangan pada hari Senin, 16 Maret 2020 di RM Nggirli Wates. Kegiatan tersebut diikuti oleh IKM/perajin olahan makanan, batik, fashion, kerajinan, assesoris, sejumlah 20 orang dan menghadirkan narasumber dari Asosiasi Pengembangan Industri Kerajinan Rakyat Indonesia (Apikri) Yogyakarta; Ummat Mandiri Berkemajuan (UMB) Boga; dan Wingko Mekar Dua Kulon Progo.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian dalam sambutannya mengharapkan agar para pelaku usaha dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang ada, khususnya dalam aspek peningkatan daya saing, pangsa pasar dan lebih termotivasi dalam usaha. Kegiatan temu usaha ini perlu dilaksanakan untuk memberikan peluang usaha yang saling menguntungkan bagi pelaku usaha. Kerjasama kemitraan antara IKM dengan praktisi perdagangan tersebut diharapkan menjadi kerjasama yang saling menguntungkan, dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan, dimana pengusaha memiliki market, dan IKM memiliki produk.

Masing-masing narasumber menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk terus mengembangkan usahanya dan bagaimana bisa bermitra dengan pelaku usaha yang lebih besar. Output dari temu usaha ini diharapkan adanya kerjasama kemitraan antara IKM dengan pelaku usaha besar yang akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama kemitraan.