DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KULON PROGO SELENGGARAKAN SOSIALISASI LEGALITAS USAHA

Dinas Perdagangan dan Perindustrian melalui Seksi Industri Agro Makanan Minuman bidang Perindustrian, mengadakan acara Sosialisasi Legalitas Usaha yg di ikuti sebanyak 15 pelaku industri kecil dan menengah yg bergerak di bidang olahan makanan dan minuman. Sosialisasi diadakan di Ruang Rapat Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 19-20 Februari 2020.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, Rohedy Goenoeng, S, Sos yang juga memberi materi tentang kebijakan pembangunan industri di Kulon Progo dan Sosialisasj Permenperind No 30/tahun 2019 tentang Sistem Informasi Industri Nasional. Adapun narasumber lain untuk acara sosialisasi ini dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulon Progo dengan materi perijinan industri melalui sistem Online Single Submission (OSS), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo dengan materi Pengelolaan Lingkungan bagi Industri Kecil  dan dari Dinas perdagangan dan perindustrian dengan materi Penyusunan Permohonan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) bagi perorangan dan Kelompok.

Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi legalitas usaha ini adalah agar ikm mendapatkan dokumen ijin sbg sarana perlindungan hukum, sarana pengembangan usaha dan sarana promosi dan meningkatkan kredibilitas usaha serta mengetahui  tentang Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas).

Pada akhir sosialisasi peserta langsung mendapatkan beberapa dokumen perizinan berupa NIB (nomor induk berusaha), SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan), IUMK ( ijin usaha mikro kecil) serta ijin komersial  PIRT (produk industri rumah tangga) dan registrasi akun Sistem Informasi Industri Nasional (SiiNas). Untuk selanjutnya  para pelaku industri agro makanan minuman di kabupaten kulon progo, yang telah  mempunyai izin diharapkan kedepannya lebih semangat untuk mengembangkan industrinya.  <ayw>