KEMENPERIN RI BERIKAN BIMTEK DAN BANTUAN PERALATAN PRODUKSI BAGI IKM OLAHAN JAMU KULON PROGO

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur memberikan bimbingan teknis pengolahan jamu dan bantuan peralatan produksi bagi 2 (dua) kelompok IKM yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUB) Saras Sari Herbal (Gerbosari, Samigaluh) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Ngudi Rejeki (Hargowilis, Kokap). Kegiatan bimtek yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 20-24 Agustus 2019, bertempat di Hotel King's Wates, dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo, Iffah Mufidati, SH, MM.

Peserta bimtek yang berjumlah 20 (dua puluh) orang tersebut mendapatkan materi baik teori maupun praktek tentang kewirausahaan, regulasi dan perizinan minuman herbal, pengolahan pasca panen tanaman obat serta pengemasan dan labeling. Selain itu peserta bimtek juga berkesempatan mengunjungi industri jamu Lugu Murni, di Yogyakarta, pada hari Jumat, 23 Agustus 2019.

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dapat menambah wawasan, pengetahuan dan motivasi dalam mengembangkan usahanya. Adapun bantuan peralatan produksi yang diberikan diantaranya frezzer, cooler box, timbangan digital, blender besar, open, kompor gas, dan lain-lain.

Acara bimtek ditutup pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019, dan selanjutnya pada kedua KUB setelah mendapat bantuan alat produksi serta bimtek, diharapkan untuk dapat menyusun rencana aksi (action plan), harus lebih tekun, semangat dan serius dalam mengembangkan usaha, harus menjaga dan merawat dengan baik bantuan alat yang telah diberikan, serta tidak boleh diperjualbelikan.