DINAS PERDAGANGAN MENDAPAT KUNJUNGAN DARI DISPERINDAGKOP UKM KABUPATEN PEKALONGAN

Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo mendapat kunjungan dari Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Pekalongan, Selasa 30 april 2019. Rombongan  sebanyak 27 orang yg terdiri dari ASN di bidang perindustrian, pendamping dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan pelaku usaha gula aren, dipimpin oleh Kistoro, SE, MM dan diterima oleh Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo Drs. Dewantoro SSP, MM.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka program studi banding  pada kegiatan pelatihan diversifikasi olahan makanan dan minuman. Setelah mendapatkan sambutan dari Dinas Perdagangan, rombongan Disperindagkop UKM Kabupaten Pekalongan didampingi Kepala Seksi Agro Makanan dan Minuman, Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo, Atik Yuni Wardhani, SP,  beserta staf melanjutkan kunjungan ke kelompok IKM Sumber Rejeki di Desa Hargorejo,  Kecamatan Kokap, yang merupakan salah satu kelompok pengolahan gula semut di Kulon Progo.

Di lokasi produks peserta studi banding mendapatkan penjelasan dan paparan ttg cara pembuatan gula semut dan berbagai turunannya,  oleh Ketua Kelompok Sumber Rejeki, Dinar ARD, serta melihat secara langsung  proses produksi gula semut.

Di akhir acara, ketua rombongan berharap bahwa hasil dari studi banding ini nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Pekalongan sebagai diversifikasi gula aren, yang selama ini hanya dijual dalam bentuk gula cetak. (AYW/19)