Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pemasaran Online Produk Unggulan

Era digital sudah menyentuh seluruh sendi perekonomian, termasuk juga sebagai media pemasaran. Pemasaran melalui media online dipandang lebih murah, mudah untuk digunakan, dan dapat mencakup wilayah yang sangat luas. Untuk memberikan pengetahuan mengenai pemasaran online kepada produsen produk unggulan Kulon Progo, Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Ekspor dan Impor Bidang Perdagangan, pada hari Rabu 25 Oktober 2017 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemasaran Online Produk Unggulan. Sebanyak 15 peserta produsen produk unggulan Kulon Progo, menerima pemaparan materi tentang pengenalan bisnis online; pemasaran online produk unggulan melalui marketplace dan prosedur ekspor. Narasumber berasal dari Yayasan Sedekah Ilmu Yogyakarta dan Penyuluh Perindag Dinas Perdagangan Kab. Kulon Progo.

Dalam pembukaan Bimbingan Teknis, Kepala Dinas Perdagangan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas menyampaikan beberapa arahan, antara lain Latar Belakang diselenggarakannya bimbingan teknis yaitu untuk meningkatkan pemasaran produk unggulan Kulon Progo dan Tujuan Bimtek untuk memberikan pengetahuan kepada produsen tentang bagaimana cara untuk memasarkan produk melalui media online; serta harapan dari Dinas Perdagangan dengan adanya bimbingan teknis ini adalah meningkatnya omzet penjualan produk unggulan dengan memanfaatkan media online.

Pada saat dilaksanakan Bimtek, terdapat beberapa diskusi antara peserta dengan Narasumber, antara lain:

·         Cara untuk mempromosikan produk melalui media sosial.

·         Kiat-kiat untuk sukses apabila pelaku usaha sebagai produsen merangkap sebagai marketing online.

·        Waktu atau jam yang tepat untuk mem-posting produk di marketplace, sehingga dapat langsung dilihat oleh calon pembeli.

·       Apabila produsen yang menjual produknya ke luar negeri melalui perusahaan forwarder, apakah harus mengurus pendaftaran NPWP sebagai nomor kepabeanan.

(TS)