Musyawarah Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 20 September 2017 menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) Dekranasda Kabupaten Kulon Progo bertempat di rumah makan “Dapur Semar”. Acara ini dihadiri oleh Pengurus Dekranasda Kabupaten Kulon Progo masa bakti 2012-2017, calon pengurus Dekranasda masa bakti 2017-2022, dan Wakil Ketua Dekranasda Propinsi DIY. Dalam penyelenggaraannya Musda dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pembukaan dan sesi pelaksanaan musda. Dalam sesi pertama, Ibu dr. Dwikisworo Setyowireni, Sp. A(K) selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Kulon Progo periode 2012-2017 menyampaikan sambutan kepada para tamu undangan bahwa musda diselenggarakan minimal sekali dalam 5 tahun guna menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus periode sebelumnya, menetapkan susunan pengurus yang baru, dan menetapkan program kerja 5 tahun yang akan datang.

Musda dibuka oleh Bapak Wakil Bupati, Drs. H. Sutedjo. Beliau menyampaikan bahwa Dekranasda Kabupaten Kulon Progo merupakan wadah pembinaan pengrajin dan berhimpunnya kelompok pencipta, pecinta dan peminat seni kerajinan dalam masyarakat yang mempunyai persamaan dan kehendak untuk mengembangkan seni, produktivitas, dan pemasaran kerajinan yang berfungsi sebagai mitra Pemerintah dalam membina produk kerajinan. Diharapkan agar Dekranasda Kabupaten Kulon Progo dapat mengembangkan produk kerajinan yang berdaya saing tinggi, meningkatkan inovasi dan kreatifitas bidang seni kerajinan, mengembangkan potensi industri kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta menjadikan Dekranasda Kabupaten Kulon Progo sebagai penggerak bertumbuhkembangnya industri kreatif di Kulon Progo.

Sesi kedua yaitu pelaksanaan musda yang dimulai dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban Ketua Dekranasda periode 2012-2017 yang disampaikan oleh Ketua Harian yaitu Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, M.H. Beliau menyampaikan berbagai program kegiatan yang telah dilaksanakan Dekranasda 5 tahun yang lalu guna memajukan para pengrajin kerajinan di Kulon Progo. Selanjutnya dilaksanakan sidang komisi, yaitu komisi organisasi dan kebijakan operasional, dan Komisi Program Kerja. Hasil Musyawarah Daerah Dekranasda Kabupaten Kulon Progo menetapkan pengurus Dekranasda Kabupaten Kulon Progo tahun 2017-2022 dan Program Kerja Dekranasda Kabupaten Kulon Progo tahun 2017-2022.

       Musda ditutup Wakil Ketua terpilih yaitu Dra. Sri Wahyu Widhati, yang pada sambutannya menegaskan agar program kerja Dekranasda harus benar-benar dilaksanakan dan pengurus yang baru harus selalu menjaga kekompakan, berkomitmen, dan konsisten dalam menjalankan amanah.