PEMBINAAN PKL DI RUMAH MAKAN NGERLI

Pada Bulan September 2017, Dinas Perdagangan memiliki kegiatan pembinaan PKL. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Ngerli, Wates, Kulon Progo pada 7 September 2017.

 

Tujuan dilaksanakan pembinaan PKL melaksanakan amanat Perda No. 5 Tahun 2013 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan PKL. Pemberdayaan PKL merupakan salah satu upaya menjadikan sektor usaha kaki lima sebagai usaha ekonomi kerakyatan yang diarahkan untuk ikut ambil bagian secara aktif dan bertanggungjawab dalam perekonomian daerah.

 

Dalam kegiatan ini Dinas Perdagangan menghadirkan narasumber dari Puskesmas sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan PKL dalam menyajikan dagangan yang higienis. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Salah satu hak konsumen adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang (makanan dan minuman) yang dijual oleh para pelaku usaha dalam hal ini PKL.

Harapan dalam kegiatan ini agar PKL menjual makanan dan minuman selalu dalam keadaan aman, sehat jika dikonsumsi oleh konsumen. (BW)