PELATIHAN KETERAMPILAN PENGOLAHAN TAHU DI MIRISEWU, NGENTAKREJO, KECAMATAN LENDAH

Pada tanggal 23 dan 24 Mei 2017 di Sentra Tahu “ Setia Murni” tepatnya di rumah ketua sentra Bapak Tuyono, yang beralamat di Mirisewu, Ngentakrejo, Kecamatan Lendah, Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo melalui Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Industri berbasis Agro, Makanan dan Minuman, melaksanakan pelatihan peningkatan keterampilan pengrajin tahu.

Tahu yang selama ini diproduksi hanya berwujud tahu putih saja,  melalui pelatihan ini Dinas Perdagangan berupaya untuk meningkatkan kapasitas pengrajin tahu agar mampu mengembangkan produknya dan mengembangkan inovasi dalam pengolahan tahu agar mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi dengan diolah dalam berbagai macam olahan makanan, seperti dibuat nuget, puding, rainbow, galantin, bronis, dll

Dalam sambutannya Ibu Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo           Dra. Niken Probo Laras., S.Sos.,M.H., menyampaikan bahwa “Pengrajin tahu harus bisa berinovasi dan mengembangkan produk tahunya, agar dalam menghadapi tantangan dan peluang dengan adanya Bandara New Yogyakarta International Airport, Pengrajin tahu bisa menjadi pemasok kebutuhan makanan di kawasan bandara”. Hal ini menjadikan motivasi bagi Pengrajin tahu untuk meningkatkan kapasitasnya agar tidak ketinggalan dengan daerah lain.

Diakhir pelatihan Ibu Kepala dinas memberikan hadiah kepada peserta pelatihan pengrajin tahu yang menjadi juara dalam lomba hasil praktek olahan tahu. Adapun juri dalam lomba tersebut Bapak Anggri Rahmanto  yang beralamat di Dipan Rt.04 Rw.14 Wates Kulon Progo, beliau yang juga sebagai narasumber dalam pelatihan pengolahan tahu.