PELATIHAN KETERAMPILAN PENGOLAHAN PANGAN BERBAHAN PISANG DI KLOPO SEPULUH, BENDUNGAN, WATES

Pisang merupakan salah satu tanaman yang bisa ditemui di seluruh wilayah Kulon Progo termasuk di Dusun Klopo Sepuluh, Desa Bendungan, Kecamatan Wates, yang merupakan potensi yang belum diolah secara optimal, padahal pisang memiliki kandungan vitamin, mineral dan karbohodrat tinggi. Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi tanaman pisang kini tidak hanya dimanfaatkan bagian buahnya saja, namun bagian lain dari tumbuhan pisang seperti kulit, batang, daun dan bonggolnyapun bisa diolah dengan cara yang tepat akan menghasilkan sajian makanan yang lezat serta menjanjikan keuntungan bagi pelaku usaha, misalnya bisa diolah menjadi nuget, sambal, puding, es daun pisang, cake, selai.

Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo berupaya untuk meningkatkan kapasitas pengrajin olahan makanan, melalui Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Usaha Industri Berbasis Agro, Makanan dan Minuman melaksanakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengolahan Pangan Berbahan Lokal (Pisang) selama 3 hari mulai tanggal 16-18 Mei 2017 di Dusun Klopo Sepuluh, Desa Bendungan, Kecamatan Wates, yang bertempat di rumah Ibu Kesra. Adapun tujuan adanya pelatihan adalah agar para pengrajin olahan makanan bisa meningkatkan ketrampilan dan berinovasi mengolah pisang dan bagian tanaman pisang sehingga mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Pada akhir pelatihan oleh narasumber yaitu Ibu Ratna dari KWT Seruni yang beralamat di Sendang Tirto, Berbah, Kabupaten Sleman, mengadakan lomba dari hasil praktek pelatihan, juara lomba mendapatkan hadiah dari narasumber berupa aneka produk olahan pisang yang telah dibuat di KWT Seruni. Tujuan lomba adalah memberikan motivasi kepada ibu-ibu peserta pelatihan agar dapat meningkatkan ketrapilan pengolahan pisang dan mengembangkan produk olahan pisang.