BIMTEK PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN PANDE BESI: GENDEWO DAN MATA PANAH JEMPARINGAN

Wates –  6 Mei 2024, Sebanyak 25 peserta dari hamper seluruh padukuhan di wilayanh Giripeni, Wates turut ambil bagian dalam kegiatan Bimtek Pengembangan Produk Kerajinan Pande Besi: Gendewo dan Mata Panah Jemparingan.Kegiatan yang diadakan selama empat hari, dimulai pada tanggal 6, 7, 8 Mei 2024 dan 10 Mei 2024, yang berlokasi di Pedukuhan Sideman, Kalurahan Giripeni, KapanewonWates salah satu tujuannya adalah untuk penmbuhan dan pengembangan industri kreatif, juga menjaga kelestarian produk berbasis budaya yang ada di Kulon Progo.

Dibuka dengan penuh semangat mewakili Kepala Dinas Perdagangan dan Peridustrian Kulon Progo, Kepala Bidang Perindustrian, Bapak Ade Wahyudiyanto, S.T., M.I.L., kegiatan ini juga dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat, Lurah Giripeni Iswanto Adi Saputro, S.E. serta perwakilan keamanan dari Bhabinsa-kamtibmas setempat.

Dalam sambutan pembukaan disampaikan Bapak Ade Wahyudiyanto, S.T., M.I.L., "Kegiatan seperti Bimtek ini sangat penting untuk memperkuat industri kerajinan local kita. Dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan,  diharapkan para pengrajin mampu menciptakan wirausaha industri kreatif dan mampu bersaing secara lebih baik di pasar yang semakin kompetitif."

Sementara itu, Lurah Giripeni, Iswanto Adi Saputro, S.E. menyambut baik kegiatan ini, "Kami berharap dengan adanya Bimtek ini, para pengrajin local dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal sekaligus melestarikan budaya kerajinan tradisional."

Bimtek ini tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta secara individu, tetapi juga bagi masyarakat luas, karena pengembangan industri kerajinan local akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.