SPBU BARU DI BANJAROYO KALIBAWANG MULAI OPERASIONAL

SPBU 44.556.16 yang beralamat di Dumpoh Banjaroyo Kalibawang  Kulon Progo di tera awal oleh Metrologi Legal Kulon Progo pada tanggal 4 April 2024. Karena ini SPBU paling baru yang akan operasional pasca lebaran.  Memiliki 4 Dispenser merek Tatsuno dan 20 Nosel yang terdiri dari Pertalite 8 Nozel, Pertamax 4 nozel,  pertamax turbo 2 nozel dexlite 2 nozel, solar 2 nozel dan pertamina dex 2 nozel.

Tera awal ini dilaksanakan diselesaikan dari jam 09.00 – 14.00 WIB. Adapun team metrologi  yang terlibat diantaranya 2 orang Penera Ahli,  seorang Petugas Penilai Pelayanan Kemetrologian dan Petugas Pengawas Kemetrologian

Pompa ukur bahan bakar minyak (PU BBM) merupakan alat ukur yang digunakan di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) untuk mengetahui jumlah volume cairan bahan bakar minyak yang dijual kepada konsumen. PU BBM termsuk ke dalam jenis Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) yang wajib ditera dan tera ulang (Permendag No 67 tahun 2018) dengan jangka waktu setiap 1 (satu) tahun sekali (Permendag No 68 tahun 2018).

Pengujian dengan metode volumetrik menggunakan Bejana Ukur Standar (BUS) kapasitas 20 liter dengan Batas Kesalahan yang Diizinkan (BKD) ±0,5 % (SK Dirjen PKTN No 121 tahun 2020). Berdasarkan hasil pengujian, PU BBM tersebut dinyakan sah, kemudian di bubuhkan Cap Tanda Tera (CTT) sah tahun 2023, tanda sah jaminan dan inisial pegawai berhak. 

Dengan demikian PU BBM yang ada di SPBU 44.556.16 bisa digunakan secara legal dalam transaksi penjualan BBM. Selain dibubuhkan CTT pada PU BBM tersebut juga dipasang stiker sebagai informasi kepada konsumen bahwa PU BBM tersebut sudah ditera ulang. Selanjutnya UPT Metrologi Legal mengeluarkan keterangan tertulis berupa Sertifikat hasil Pengujian.

Dengan demikian total SPBU yang beroperasi di wilayah Kulon Progo berjumlah 19 buah.