Pelatihan Wirausaha Baru Sektor IKM, Olahan Makanan Angkatan III

    Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Sektor IKM,Olahan Makanan . Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, 17 April  2024 sampai dengan 19 April 2024  bertempat di Rumah Produksi IKM Ajwin Donatku, Karangrejo, Karangwuni, Wates Kulon Progo. Sasaran kegiatan adalah 20 peserta berasal dari Kalurahan Sentolo dan Kalurahan  Salamrejo  Kapanewon Sentolo, Kulon Progo. Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini adalah pelaku   IKM Olahan Makanan  Ibu Dessy Whindi Ayu Prayitna, S.T.P.  Kegiatan Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Sektor IKM, Olahan Makanan  merupakan bagian dari Program Perencanaan dan Pembangunan Industri, Sub Kegiatan Sinkronisasi Koordinasi dan Pelaksanaan Sumber Daya Industri. Alokasi pembiayaan kegiatan dari APBD Tahun Anggaran 2024 Kabupaten Kulon Progo.
     Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Ir. Sudarna, M.M.A. membuka secara langsung kegiatan pelatihan. Dalam sambutannya beliau  menyampaikan beberapa hal,  bahwa peserta pelatihan yang telah hadir mengikuti kegiatan adalah orang-orang terpilih yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelatihan tentang olahan makanan. Adanya kegiatan pelatihan ini  benar-benar memberikan dorongan untuk mencetak wirausaha baru dibidang olahan makanan. Percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat diantaranya adalah mewujudkan peningkatan jumlah wirausaha. Adanya indikator tersebut mendorong untuk dilakukan kegiatan peningkatan kapasitas pelaku usaha industri  melalui pelatihan wira usaha baru  sektor IKM, Olahan Makanan.

    Pelatihan ini menjadi salah satu wadah untuk mengasah ketrampilan tidak hanya sekedar mengetahui namun harus bisa mengimplimentasikan ilmunya. Interasksi dengan narasumber secara langsung memberikan nilai lebih dalam mengawali sebuah uji coba membuat produk. Peserta diharapkan terbuka dan aktif dalam berkonsultasi serta bertanya kepada narasumber, agar ilmu yang diserap betul-betul memberikan kesan yang nantinya memberikan bekal ketika sudah memulai usaha. Dalam keikutsertaan ini diharapkan juga peserta untuk berani mencoba tidak hanya melihat proses pembuatannya produknya. Keberanian untuk mencoba dan memulai usaha menjadi salah satu menuju keberhasilan berwirausaha. Diharapkan  setelah kegiatan pelatihan selesai,  para peserta  dapat membentuk kelompok IKM olahan makanan. Secara formal setelah kelompok terbentuk untuk menindaklanjuti dengan permohonan keterangan terdaftar di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo.         

     Dalam pembukaan pelatihan ini  hadir pula  Perwakilan dari  Pemerintah Kapanewon Sentolo, dan Lurah Sentolo. Pemerintah Kapanewon Sentolo mengapreasiasi dan berterimakasih,    masyarakat Sentolo telah diberikan kesempatan  mengikuti pelatihan. Lurah Sentolo juga mendukung adanya pelatihan ini dengan mendorong warga masyarakat Kalurahan Sentolo untuk bergerak dan mewujudkan keaktifan  IKM diwilayahnya. (wk)