Tim Gabungan Pantau Sejumlah Pasar Daerah Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Tim Gabungan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Polres Kulon Progo melakukan pemantauan pasar daerah jelang hari raya Idul Fitri 1445 H. Pada momen lebaran kali ini, Tim Gabungan menyasar 12 pasar yang tersebar di seluruh wilayah Kulon Progo. Pemantauan dilaksanakan selama tiga hari pada 4-6 April 2024. Guna meningkatkan efektivitas pemantauan, sejumlah 20 orang anggota Tim Gabungan dibagi dalam dua kelompok yang bergerak serentak mulai pukul 06.00 WIB.

Pemantauan hari pertama, Kamis (4/4), dilakukan di enam pasar yaitu Pasar Wates, Pasar Temon, Pasar Sentolo Baru, Pasar Potrogaten, Pasar Brosot, dan Pasar Bendungan. Sejumlah pedagang yang menempati area luar pasar (pasar tumpah) masih cukup tertata rapi. Dari hasil pemantauan, belum ada peningkatan pengunjung yang signifikan di Pasar Wates, Pasar Temon, Pasar Brosot dan Pasar Bendungan. Berbeda dengan Pasar Potrogaten yang terlihat sudah dipadati para pembeli hari ini.

Tim Gabungan turut mengingatkan para pedagang untuk berjualan dengan tertib dan tidak mengganggu jalur pejalan kaki yang sudah ditentukan. Juru parkir dan tim ketertiban pasar juga diimbau agar penataan kendaraan pedagang dan pengunjung tidak boleh mengganggu lalu lintas di sekitar area pasar. Puncak keramaian pengunjung pasar diprediksi terjadi pada 6-9 April seiring dimulainya cuti bersama serta arus pemudik yang mulai memadati wilayah DIY dan sekitarnya. (sw)