TIM TPID DIY BERSAMA TIM TPID KULON PROGO LAKUKAN PEMANTAUAN HARGA DAN STOK BAPOK JELANG IDUL FITRI

Penjabat Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti beserta jajarannya mendampingi Tim Pengendali Inflasi daerah (TPID) DIY melakukan pemantauan harga dan stok barang kebutuhan pokok di pasar Wates Kabupaten Kulon Progo. Dari hasil pantauan yang dilakukan bersama untuk harga dan stok barang kebutuhan pokok ditingkat pedagang pasar dapat dikatakan aman, walau jelang Idul Fitri ini ada kenaikan namun kenaika tersebut tidak signifikan dan masih dapat dikatakan Wajar.

Di lokasi yang sama, Pasar Wates yang menjadi Pasar Pantauan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) baru dilakukan Operasi Pasar yaitu dengan droping beberapa komoditas (beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu) kepada pedagang pasar adapun total kuota sejumlah 4 ton. Secara simbolis Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menyerahkan komoditas barang pokok kepada wakil pedagang di Pasar Wates yang mendapat dropping barang dari distributor. Adapun distributor yang terlibat dalam droping barang tersebut antara lain Bulog, PT Wilmar, PT Pangan Surya Makmur, Makmur Beras, BM Jogja, RNI.   

Selanjutnya Tim TPID melakukan pemantauan pelaksanaan Operasi Pasar di Kapanewon Wates. Pada Operasi Pasar yang dilaksanakan di Kapanewon Wates, Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo memberikan bantuan pengiriman kepada distributor sebesar Rp 3.000,- (dipotong pajak) pada setiap kg atau liter nya. Kuota total komoditi 5.100 kg yang  terdiri dari 3.600 kg (beras premium, gula pasir, telur) dan 1500 liter minyak goreng.  Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran juga disediakan komoditi lain (yang tidak ada bantuan pengiriman) antara lain tepung terigu, bawang putih, bawang merah, daging ayam frozen, sosis,tepung beras, tepung tapioka, bakso dan aneka minuman kemasan. Nampak masyarakat sangat antusias berbelanja pada Operasi Pasar yang dilaksanakan tersebut dan merasa terbantu untuk mendapatkan harga lebih murah daripada harga di pasaran. Pelaksanaan Operasi Pasar di Kapanewon Wates terpantau tertib dan  lancar.

Kunjungan terakhir di lokasi Gapoktan Among Tani yang berada di Kedundang Temon, hasil pantauan di gudang untuk ketersediaan beras dalam kondisi aman. Dari serangkaian kunjungan di beberapa tempat tersebut untuk ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri di Kabupaten Kulon Progo aman sehingga masyarakat tidak perlu panic buying. Diharapkan beberapa kegiatan  yang dilaksanakan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dapat membantu masyarakat serta dapat membantu menekan laju angka inflasi di DIY. (tau)