Pelatihan Wirausaha Baru Sektor IKM, Olahan Makanan Angkatan II

    Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Sektor IKM,Olahan Makanan . Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 7 sampai dengan 9 Maret 2024  bertempat di Rumah Produksi IKM Ajwin Donatku, Karangrejo, Karangwuni, Wates, Kulon Progo. Sasaran kegiatan adalah 20 peserta berasal dari Kalurahan Hargorejo dan Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini adalah praktisi Industri Olahan Makanan Ibu Dessy Whindi Ayu Prayitna, S.T.P.  Kegiatan Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Sektor IKM, Olahan Makanan  merupakan bagian dari Program Perencanaan dan Pembangunan Industri, Sub Kegiatan Sinkronisasi Koordinasi dan Pelaksanaan Sumber Daya Industri. Alokasi pembiayaan kegiatan dari APBD Tahun Anggaran 2024 Kabupaten Kulon Progo.

       Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Bapak Ir. Sudarna, M.M.A.  hadir membersamai peserta pelatihan sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya  beliau menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan merupakan  buah dari proses adanya kebijakan. Melalui kegiatan pelatihan merupakan perwujudan dari upaya pembangunan sumber daya manusia juga harus ditekankan. Pembangunan fisik harus di sertai dengan penciptaan sumber daya manusia unggul yang mampu menciptakan produk berdaya saing.  Pembangunan fisik dan perkembangan ekonomi di Kulon Progo seperti dengan adanya bandara YIA harus mampu ditangkap sebagai peluang yang bisa dinikmati serta membawa ksejahteraan masyarakat. Dalam kenyataannya Kabupaten Kulon Progo termasuk dalam keadaan miskin, dengan angka kesmiskinan pada tahun 2023 adalah 15,64 %. Secara bertahap kondisi kemiskinan di Kulon Progo harus mendapatkan penanganan. Salah satu program penurunan kemiskinan adalah dengan memberikan kegiatan penumbuhan wirausaha baru.

    Selanjutnya Bapak Ir. Sudarna,M.M.A.  menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini memberikan bekal keterampilan tidak hanya sebatas teori, sehingga nantinya para peserta harus bisa menghasilkan produk. Kepala Dinas menekankan kepada peserta untuk benar-benar mengikuti pelatihan dengan tertib dan fokus, sehingga ilmu yang disampaikan oleh narasumber  Memaksimalkan pengembangan ilmu yang telah diterima, para peserta kedepannya  juga diharapkan membentuk kelompok. Bentuk kelembagaan kelompok akan memberi wadah untuk saling memotivasi dan berbagi ilmu yang dipelajari, disisi lain juga  mendapatkan kesempatan  pembinaan dan fasilitasi Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

      Pada prosesi pembukaan pelatihan turut dihadiri oleh Panewu Kokap, Lurah Hargorejo dan Perwakilan Pemerintah Kalurahan Hargomulyo. Mereka menyambut baik dengan kegiatan pelatihan yang telah diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo .  Adanya pelatihan ini memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat. . (wk)