JIFFINA 2024 : INDUSTRI BERBASIS KELESTARIAN LINGKUNGAN

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2024 kembali berkesempatan mengikuti ajang Pameran JIFFINA 2024. Pameran ini sudah terselenggara sebanyak 8 (delapan) kali pada tahun ini dan kembali mengulang kesuksesannya. Pameran JIFFINA 2024 berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 2 hingga 5 Maret 2024 bertempat di Jogja Expo Center dibuka secara resmi oleh Dr. Etty Kumolowati, M. Kes Staff Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan. Pameran JIFFINA tahun ini mengusung tema The Eco Lifestyle Inspiring Forever. Tema yang diangkat pada gelaran JIFFINA tahun ini memberikan makna bahwa berkembangnya sektor industri furniture dan kerajinan juga diikuti dengan pelestarian lingkungan menuju gaya hidup yang berkelanjutan.

Pada pameran JIFFINA 2024, Dinas mengikutsertakan sebanyak 4 (empat) perajin yang memproduksi produk unggulan Daerah yaitu produk furniture dan kerajinan. Keempat IKM yang berkesempatan menjadi peserta pameran diantaranya, SofaKU, Indobel Bamboo Merapi, Rumput Aji, dan Cip Janggel. Peserta pameran tersebut merupakan IKM yang sudah teruji memproduksi produk-produk berkualitas untuk kategori furniture dan kerajinan. Beberapa produk yang ditampilkan pada stand Dinas Perdagangan dan Perindustrian yaitu produk sofa, kerajinan panel bambu, kerajinan serat alam dan kerajinan tongkol jagung.

Stan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menarik perhatian cukup banyak pengunjung dan buyer potensial. Hal ini terlihat dari banyaknya kunjungan dan aktifitas interaksi oleh pengunjung dangan penjaga stan yang merupakan pelaku produsen. Stan Dinas memiliki keunggulan karena yang menjaga adalah langsung dari produsen yang memproduksi produk, sehingga buyer dan pengunjung dapat langsung bertanya mengenai produknya mulai dari bahan baku, proses produksi, hingga karakteristik produknya. Semua peserta yang dibawa oleh Disdagin telah dibekali product knowledge yang baik. Pameran Jiffina bertujuan untuk menjembatani transaksi antara pembeli dan produsen dalam hal ini sangat cocok memilih Jogja sebagai lokasi pameran. Lokasi Jogja yang strategis dan akses langsung ke internasional, juga terdapat sejumlah sarana dan prasarana lengkap yang semakin mendukung penyelenggaraan pameran ini. Sama seperti tahun sebelumnya, panitia memberikan berbagai fasilitas menarik, antara lain factory visit yaitu transportasi dan akomodasi untuk para buyer yang ingin mengunjungi pabrik para peserta, agar lebih meyakinkan para buyer. Selain itu juga adanya subsidi sebesar 5 juta Rupiah untuk pengiriman kontainer ke luar negeri.

Dari pelaksanaan pameran JIFFINA, Pemerintah berharap semua pelaku IKM Kulon Progo untuk selalu berinovasi dan berkreasi mengembangkan produknya karena pasar luar negeri masih sangat terbuka. Untuk pelaksanaan pameran selanjutnya, Dinas akan terus menggali produk-produk lokal yang layak untuk dipromosikan melalui pameran-pameran yang bertaraf nasional hingga internasional harapannya produk Kulon Progo dapat bersaing di pasar mancanegara.