BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN PRODUK IKM

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo melalui Sub Koordinasi Sinkronisasi Pemberdayaan Masyarakat hari ini melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Produk IKM. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 5-7 Maret 2024.

Dalam pelatihan ini sebanyak dua puluh lima (25) orang akan mengikuti bimtek dipandu dengan narasumber praktisi dari UNY Fitri Rahmawati. Sebanyak tiga belas (13) resep akan dibahas dan langsung dipraktikan pada kegiatan bimtek ini.

Atik Yuni Wardhani selaku koordinator Sub Kegiatan Pemberdayaan dan Peran Serta Masyarakat menyampaikan pada kegiatan ini akan mengutamakan resep olahan pangan lokal berbahan baku lokal yang juga dibahas mengenai diversifikasi pangan lokal. Selain materi untuk meningkatkan variasi pangan lokal juga akan disampaikan materi mengenai packaging produk, foto produk dan pemasaran produk melalui pemasaran online.

Beja Santosa selaku Lurah Kalurahan Gulurejo menyampaikan, Padukuhan Sembungan dengan ikon Sentra Batik harus mulai melebarkan sayap dengan menambah ikon industri lain yakni dengan menambah ikon usaha seperti industri makanan. Dengan adanya bimtek ini berharap kedepan Sembungan bisa memiliki ikon industri makanan yang terkenal.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ir. Sudarna, M.M.A menyampaikan kegiatan bimtek ini salah satu cara pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui peningkatan keterampilan masyarakat diharapkan juga selaras dengan peningkatan kualitas produk sehingga terjadi peningkatan kuantitas order produk yang kemudian mampu memberikan peningkatan ekonomi masyarakat.