Pelatihan Penumbuhan WUB Sektor IKM (Batik) Angkatan IV

Kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan di pemerintahan. Sebagai salah satu usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi tingkat kemiskinan di Kulon Progo, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menyelenggarakan Pelatihan Penumbuhan Wirusaha Baru Sektor IKM Angkatan IV di Kapanewon Samigaluh. Pelatihan ini diselenggarakan selama 6 hari yaitu dari tanggal 13 sampai dengan 18 Maret 2023 dengan peserta sejumlah 25 orang dari Kalurahan Purwosari, Kebonharjo, dan Banjarsari. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan membatik dengan narasumber Wahyu Widianto dari IKM Rahayu Batik (Samigaluh).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, Ir. Sudarna, MMA. Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan bahwa pendapatan masyarakat dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan kesejahteraan keluarga. Keluarga yang memiliki seorang wirausaha diharapkan akan mampu menghasilkan produk yang memiliki nilai jual. Batik sebagai produk bernilai seni memiliki nilai jual tinggi karena sudah diakui keunikan dan kekayaan motifnya yang disukai masyarakat dalam negeri bahkan dunia internasional.  Sehingga pemilihan batik sebagai materi pelatihan ini akan mampu membekali peserta untuk menciptakan peluang usaha baru guna meningkatkan pendapatan keluarga.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah peserta yang beruntung karena akan dibekali berbagai materi mengenai pengenalan batik, teknik mempola, teknik batik tulis, cap, dan abstrak. Diharapkan setelah pelatihan peserta mulai merintis usaha batik secara kelompok agar pembinaan dan fasilitasi akan lebih mudah diberikan oleh Pemerintah Daerah. Dalam memasarkan usaha nantinya peserta diharapkan saling bersanding dan melengkapi bukan saling bersaing sehingga yang tercipta adalah usaha yang saling menguntungkan dan menguatkan, bukan menjatuhkan. (iai).