PENGENDALIAN INFLASI DAN STABILITAS HARGA JELANG NATARU

Dalam rangka pengendalian inflasi dan stabilitas harga jelang Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengadakan Operasi Pasar di bulan November dan Desember Tahun 2022 dengan menyediakan barang kebutuhan pokok yang bersubsidi dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Operasi Pasar yang dilaksanakan di bulan November sejumlah 16.200 paket dengan titik lokasi di 12 Kapanewon dan pada  bulan Desember sejumlah 5.000 paket dengan titik lokasi di 4 Kapanewon.  Untuk satu paket  Operasi Pasar berisi minyak goreng 5 liter, gula pasir 2 kg dan tepung terigu 1 kg. Adapun sasaran Operasi Pasar ini adalah masyarakat umum, pelaku UMKM dan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL). Dalam pelaksanaan Operasi Pasar tersebut dinas bekerjasama dengan Perumda Aneka Usaha Kulon Progo sebagai penyedia barang kebutuhan pokok dan mendistribusikannya sampai ke titik lokasi.

Pada kesempatan ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)  DIY dan TPID Kabupaten Kulon Progo melakukan pemantauan Operasi Pasar yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2022 di titik lokasi Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih.

Selain itu Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan pemantauan stok dan harga di distributor kedelai yang berada di Kapanewon Sentolo dan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Wates. Dari hasil pemantauan untuk stok barang kebutuhan pokok di Kabupaten Kulon Progo aman, namun untuk harga  barang kebutuhan pokok ada yang mengalami kenaikan seperti daging ayam ,cabai merah keriting dan rawit merah. Kenaikan harga dari beberapa barang kebutuhan pokok tersebut disebabkan oleh naiknya permintaan.

Disampaikan oleh  ibu Yuna Pancawati, SE., M.Si , Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam DIY yang memimpin kunjungan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Kabupaten Kulon Progo bahwa dalam pengendalian inflasi ini selalu menjaga 4 (empat) hal yaitu Ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi yang efektif dilakukan TPID DIY bersama Kabupaten dan Kota.