DPRD KOTA BANJAR, JAWA BARAT KUNJUNGI DISDAGIN KULON PROGO

Jumat, 30 September 2022 sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar, Jawa Barat mengunjungi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo. Kunjungan yang dipimpin oleh Bapak Asep Saefurrahmat, S.IP selaku Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rencana Pembangunan Industri Kota (RPIK) Banjar, Jawa Barat tersebut dimaksudkan untuk mengetahui proses penyusunan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) di Kabupaten Kulon Progo. Rombongan diterima oleh Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Rohedy Goenoeng P, S.Sos dan Kepala Bidang Perindustrian, Ade Wahyudiyanto, ST, M.IL beserta jajaran. 

Rancangan Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) di Kabupaten Kulon Progo juga sedang disusun oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulon Progo.

Dalam paparannya, Ade Wahyudiyanto menyampaikan bahwa proses penyusunan RPIK Kulon Progo 2022-2042 ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional tahun 2015-2035 dan Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019-2039, Kebijakan Industri Nasional, dan selaras dengan RPJPD dan RPJMD Provinsi, RPJPD dan RPJMD Kabupaten Kulon Progo, Potensi Sumber daya industri daerah, rencana tata ruang wilayah provinsi dan/atau rencana tata ruang wilayah kabupaten Kulon Progo, keserasian dan keseimbangan dengan kebijakan pembangunan industri di kabupaten serta kegiatan sosial ekonomi dan daya dukung lingkungan.

Menurut Ade, penyusunan RPIK juga harus mempedomani Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 110 tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) dan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota (RPIK).