MERTI PASAR DEKSO, ANTUSIASME TINGGI DARI PEDAGANG DAN PENGUNJUNG PASAR

Pada rangkaian kegiatan Merti Pasar ke-6 yang dilaksanakan Senin (26/09/2022) berlokasi di Pasar Dekso, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang. Kegiatan Merti Pasar ini dihadiri oleh Bidang Sarana Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, UPT Pasar Wilayah II, Pemerintah Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, serta dari Polsek dan Koramil Kalibawang.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Meskipun sempat diguyur hujan pada pagi harinya, antusiasme pedagang dan pengunjung pasar Dekso cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pedagang yang berjualan serta pengunjung pasar yang berbelanja dan turut berpartisipasi memasukkan kupon undian doorprize merti pasar.

Acara diawali dengan suguhan tarian tradisional Angguk yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala UPT Pasar Wilayah II. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan antusiasme tinggi dari pedagang dan pengunjung pasar Dekso menandakan bahwa Pasar Dekso memang masih dibutuhkan oleh masyarakat. Melalui penyelenggaraan acara Merti Pasar tahun 2022 di Pasar Dekso, diharapkan pasar dapat kembali menjadi barometer dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala UPT Pasar Wilayah II, didampingi oleh Lurah Pasar Dekso, Pemerintah Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, dan Polsek Kalibawang. Tumpeng yang telah dipotong kemudian dinikmati oleh para pedagang Pasar Dekso. Selain itu, terdapat demo masak oleh chef profesional dengan bahan-bahan yang dibeli di Pasar Dekso. Mengambil menu Ayam Saus Padang, hasil masakan seluruhnya juga dapat dinikmati oleh pedagang Pasar Dekso. Terdapat pula stand IKM yang menjual beraneka produk unggulan Kabupaten Kulon Progo yang juga banyak diminati oleh para pengunjung pasar. Acara terakhir pada Merti Pasar Dekso adalah hiburan Electone yang dinikmati oleh seluruh hadirin pada acara Merti Pasar, baik pedagang, pengunjung, maupun tamu undangan Merti Pasar. (AIR)