Disdagin Kulon Progo Selenggarakan Grand Closing dan Bussines Matching

   Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo Selenggarakan Grand Closing & Bussiness Matching Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku IKM.  Kegiatan dilaksanakan setengah hari penuh pada tanggal 27 September 2022 di Aula Adikarta Kompleks Pemda Kulon Progo dengan dihadiri oleh . Sejumlah 60  IKM Olahan Makanan  telah mengikuti serangkaian pelatihan dan pendampingan selama 6 bulan. 

     Pelatihan Peningkatan Kapasitas IKM dilaksanakan berkolaborasi dengan INOPAK Institute sebuah lembaga pendampingan IKM  kerja sama dengan GIZ (Deutsche Gesselschaft fur Internationale Zusammenarbeit). Proses kegiatan dilalui dengan tahapan yang panjang selama 6 bulan. Peserta IKM diberikan pembekalan tentang produksi berdasarkan standar teknis pengolahan makanan, Pengemasan/ packaging yang menarik  dan pemasaran produk dari mulai menentukan harga dan segmentasi pasar, serta kerjasama dengan pusat-pusat perbelanjaan. Teknik dalam pembinaan melalui 3 tahapan, tahap kelas, coching on the spot dengan memastikan sampai dapur produksi sesuai dengan standar ideal. Tahap ketiga adalah grand launching produk dengan menampilkan produk terbaiknya  sehingga sudah layak untuk dipasarkan di pusat perbelanjaan dan gerai oleh-oleh. 

    Menurut Bapak Ir. Sudarna,M.M.A, selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo, “Industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Kulon Progo mulai tumbuh seiring dengan masivnya pembangunan di Kabupaten Kulon Progo, terlebih sejak dimulainya operasional Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, kebutuhan penunjang juga terus mengalami peningkatan. Namun, seiring dengan hal tersebut, IKM yang tumbuh di Kulon Progo ini masih perlu terus didorong agar dapat berkembang lebih baik lagi sehingga kualitas maupun kuantitasnya dapat bersaing dengan produk-produk sejenis baik yang datang dari luar Kulon Progo maupun produk-produk dari perusahaan-perusahaan besar”. Hal inilah yang mendasari perlunya Pelatihan Peningkatan Kapasitas IKM yang dilakukan secara komprehensif, salah satunya dengan menggandeng INOPAK untuk meningkatkan kelas IKM.

     Kegiatan Grand Closing & Bussiness Matching Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku IKM sebagai tahapan ketiga yang merupakan acara puncak. Para peserta pelatihan memamerkan produk hasil dari pelatihan dan pendampingan. Dalam acara ini turut serta menghadirkan Pj. Bupati Kulon Progo diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala OPD, Panewu se Kabupaten Kulon Progo, Bapak Makhdonal Anwar dari Tim Leader Program Migration Diaspora GIZ Indonesia dan Narasumber Pelatihan Tim Inopak Institute. 

     Pada penghujung  acara Grand Closing , Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kulon Progo mewakili PJ Bupati Kulon Progo Bpk Drs Eka Pranyata mengapresiasi kegiatan ini. Palam sambutannya Beliau mensiratkan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang pas dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat (pengetasan kemiskinan). Dan dengan semangat Bela dan Beli Kulon Progo akan semakin mendorong IKM lebih maju dan masyarakat menjadi semakin sejahtera. (wk)