Disdagin Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Penerapan Sertifikasi dan Sistem Mutu

     Dalam rangka peningkatan daya saing dan jual produk IKM Pangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penerapan Sertifikasi Produk dan Sistem Mutu. Wujud dari pelatihan ini adalah dengan memberikan pelatihan tentang ijin edar . Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 19-22 September 2022 di Joglo TP Karangsari, Pengasih menggunakan alokasi anggaran kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik tahun 2022 .

    Peserta pelatihan terdiri dari 15 orang anggota dari Sentra Aneka Tepung, Sentra  Krenteg Manunggal dan Sentra Nyawiji Mulyo.   Keseluruhan peserta merupakan pelaku industri di bidang olahan makanan dan bahan pangan yang sangat perlu memiliki ijin edar dalam mendukung legalitas produk yang dihasilkan. Pengertian Izin Edar , adalah persetujuan hasil penilaian kriteria keamanan, mutu, dan gizi suatu pangan olahan untuk melakukan peredaran di Indonesia. Perolehan Izin Edar/md ini dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran produk pangan olahan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

        Pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu Ibu Reny Mailia, S.K.M.,M.Sc. dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Yogyakarta.  Narasumber membawakan materi tentang Kebiajakan Keamanan Pangan, Regulasi, dan Persyaratan CPPOB.

       Peraturan Menteri Perindustrian no 75 tahun 2010 mendeskripsikan Pedoman Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik sebagai Good Manufacturing Practices (GMP). GMP ini selanjutnya disebut CPPOB yang menjadi acuan bagi industri pengolahan pangan, pembina, dan pengawas mutu keamanan pangan olahan. Selaku penyelenggara berharap setelah rangkaian kegiatan pelatihan diharapkan para peserta dapat mengerti dan memiliki legalitas ijin edar/md. (wk).