Disdagin Kulon Progo Hadiri Silaturahmi P3B DIY dan P3B Cirebon di Sentra Batik Lendah

            Paguyuban Perajin dan Pengusaha Batik (P3B) Cirebon melakukan kunjungan ke P3B Daerah Istimewa Yogyakarta  sekaligus studi banding di Sanggar Batik Farras milik Bpk Umbuk Haryanto selaku ketua P3B DIY pada hari Senin, 25 Juli 2022. Pengakuan dunia tentang batik sebagai karya asli Indonesia yang telah dikukuhan oleh UNESCO merupakan anugerah yang harus dijaga dan dilestarikan bersama. Yogyakarta sebagai salah satu kota batik dunia menjadikan magnet dan daya tarik tersendiri dalam pengembangan pembelajaran tentang industri dan usaha batik. Bpk Heri selaku Ketua P3B Cirebon  bersama rombongan merasa bangga dan bahagia bisa berjumpa dengan Pengurus P3B DIY, harapannya mampu menambah ilmu dan pengalaman dalam pengembangan industri serta  usaha batik di Kabupaten Cirebon.

            Disdagin  Kulon Progo dalam hal ini selaku pembina IKM Batik di Sentra Batik Lendah diwakili oleh Plt Bidang  Perindustrian  Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Ibu Endang Zuliywanti, S.E.,M.M. hadir menyambut baik dan senang  adanya kegiatan  tersebut. Kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat hubungan kerja dan kekerabatan  sesama pengrajin dan pengusaha batik di DIY dan Kabupaten Cirebon. Dalam acara tersebut hadir pula Bpk Harsono dari Bidang ILSA Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi D.I.Y. Adanya acara ini sangat baik dalam pengembangan industri batik khususnya di wilayah binaan di Yogyakarta. Perlu adanya penumbuhan  organisasi sentra batik di kantong-kantong pengrajin batik sebagai penggerak kegiatan usaha.

          Setelah acara seremonial penyambutan dilanjutkan dengan sharing session dan paparan keorganisasian  oleh Ibu Erwin Yuniati selaku praktisi batik. Acara kunjungan diakhiri dengan diskusi forum bisnis  setiap kabupaten sebagai salah satu bentuk rencana pengembangan dan evaluasi usaha batik di organisasi P3B. (wk)