Disdagin Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Bimtek Peningkatan Mutu dan Desain Produk

     Produk kretatif harus selalu menekankan pada kualitas barang yang dihasilkan dengan mutu yang baik dan desain produk yang tepat. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Bimtek Peningkatan Mutu dan Desain Produk Sasaran kegiatan adalah di Kelompok Batik Sekar Canting Gulurejo, Lendah diikuti oleh 20 orang peserta. Waktu pelaksanaan selama hari, Kamis – Jumat 21-22 Juli 2022.

    Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo diwakili oleh Sekretaris Dinas Bpk Rohedy Goenoeng Poerwohandoko,S.Sos. pada pembukaan kegiatan menyampaikan berbagai hal kepada peserta pelatihan. Peserta pelatihan yang merupakan pengrajin batik di Kawasan Sentra Batik Lendah diharapkan mampu membuat desain baru produk batik baik motif maupun bentuk aplikasi kerajinan batik itu sendiri. Adanya desain baru batik dengan siimbangi kualitas yang baik secara langsung akan menggeliatkan dan meningkatkan omset para pengrajin.

   Narasumber sekaligus sebagai instruktur dalam kegiatan tersebut  adalah  Bpk Rojimin  dari praktisi batik dengan segmentasi produk batik warna alam. Narasumber memberikan materi tentang desain batik dari mulai sketsa kain sampai pada teknik membatik dan pewarnaan. Peserta dilatih menciptakan produk batik warna alam dengan teknik membatik kombinasi tulis dan cap. Beberapa bahan yang digunakan dalam pewarnaan alam diantaranya mahoni, tingi, jolawe, tunjung, tawas dan gamping. Singkatnya waktu pelatihan membuat peserta harus memaksimalkan diri untuk mengikuti tahap demi tahap praktek membuat produk batik warna alam. Pewarnaan alam memakan proses lebih lama dibandingkan pewarnaan sintetis, dikarenakan pencelupan warna harys diulang sampai 7 kali pengulangan agar warna dapat dihasilkan dengan baik.

  Setelah pelatihan selesai para peserta diharapkan mengasah ilmu yang didapat dengan aplikasi ditempat produksi masing-masing. Pada akhirnya peserta dapat menciptakan produk batik dengan  pewarnaan alam dengan mutu dan desain yang diminati oleh pasar. (wk)