Disdagin  Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Produk.

                Menghasilkan barang  produksi yang memiliki standar dan kualitas tinggi merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk diterima pasar.  Dalam rangka menjawab tantangan permintaan pasar yang lebih luas Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Produksi dan Standarisasi Produk. Sasaran kegiatan adalah di Sentra Kerajinan Bambu Kencana di Jangkang Kidul, Sentolo, Sentolo dengan pembiayaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Tahun 2022.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Bpk Ir. Sudarna, M.M.A., pada pembukaan kegiatan menekankan pentingnya peningkatan kualitas produk dan variannya. Inovasi juga menjadikan salah satu cara untuk meningkatkan omset usaha.  Kepala Dinas mengajak kepada pelaku industri untuk terus meningkatkan daya juang dan  konsistenti usaha baik dalam iklim pasar yang lesu maupun ramai dengan tetap  menjaga kualitas produk. Adanya kegiatan dan fasilitasi yang telah diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan daya saing IKM Sentra Bambu Kencana.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 17, 18, 20 dan 21 Juni 2022. Bertindak sebagai narasumber diantaranya Bpk Y. Kusworo Bayu Aji dari Sahabat Bambu membawakan materi treatment bahan baku, Ibu Deny Sylvie Novia dari CV. Panelindo membawakan materi standarisasi produk ekspor dan Bpk Deddy Effendi dari CV. Palm Craft menyampaikan tentang manajemen produksi dan kontrol kualitas. Hari terakhir pelatihan diisi oleh  Ibu  Kuntari Sukodasih dari CV. Tasinda tentang finishing dan praktik pembuatan produk. Kesemua narasumber merupakan para pelaku industri berbasis kerajinan dengan basis orientasi produk ekspor yang telah menjalankan usahanya lebih dari 10 tahun. Pada akhirnya semua materi pelatihan yang telah diajarkan kepada peserta dapat diimplementasikan guna meningkatkan kualitas, inovasi dan kreativitas produk  yang dihasilkan.  (wk)