DISDAGIN Lakukan Penertiban Pasar Tumpah di Wilayah Ketugasan UPT Pasar II

Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi membuat sejumlah pasar mengalami lonjakan aktivitas perdagangan dan tidak jarang mengakibatkan lalu lintas di sekitar pasar menjadi padat. Oleh karena itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DISDAGIN) Kabupaten Kulon Progo bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polres Kulon Progo melakukan pemantauan ketertiban pasar daerah, termasuk di beberapa pasar yang ikut dalam wilayah ketugasan UPT Pasar Wilayah II.

Pemantauan ketertiban pasar daerah atau biasa disebut dengan Penertiban Pasar Tumpah dilaksanakan selama dua hari, pada Kamis Wage tanggal 28 April 2022 dan Jumat Kliwon tanggal 29 April 2022. Dalam satu hari tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang. Pada 28 April 2022 sesi pagi, pemantauan dilakukan di Pasar Kenteng, Nanggulan. Sedangkan pada sesi siang di hari yang sama, pemantauan dilakukan di Pasar Jagalan, Kalibawang dan Pasar Percontohan, Sentolo. Penertiban kembali dilakukan hari berikutnya, 29 April 2022 di Pasar Dekso, Kalibawang pada sesi pagi, diikuti dengan Pasar Jagalan, Kalibawang dan Pasar Percontohan, Sentolo pada sesi siang.

Pemantauan Pasar Daerah dilakukan untuk mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban, baik dalam aktivitas perdagangan, parkir dan lalu lintas, serta dengan tidak melupakan penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Diharapkan dengan adanya pemantauan tersebut, aktivitas perdagangan tetap dapat berjalan lancar tanpa memperlambat kelangsungan sektor lain di sekitarnya.