Menjelang Lebaran, Polres Kulon Progo Mendirikan Posko Operasi Ketupat 2022 di Pasar Baru Sentolo

Hari Raya ldul Fitri 1443 H merupakan momentum yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Animo masyarakat untuk menyambut Idul Fitri telah terlihat dari peningkatan arus mudik menjelang lebaran. Oleh karena itu, Kepolisian Republik Indonesia akan menyelenggarakan Operasi Kepolisian Terpusat KETUPAT 2022. Dengan adanya rencana penyelenggaraan Operasi Kepolisian tersebut, Polres Kulon Progo menerima Surat Telegram Kapolri tertanggal 1 April 2022.

Atas dasar rujukan tersebut, maka demi terciptanya rasa aman dan nyaman masyarakat pada Idul Fitri 1443 H di masa pandemi Covid-19, Polres Kulon Progo juga akan memberikan pengamanan dengan menyelenggarakan Operas Ketupat 2002. Operasi tersebut berlangsung selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022.

Melalui surat tertanggal 25 April 2022, Kepala Kepolisian Sektor Sentolo mengirimkan permohonan izin kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DISDAGIN) Kabupaten Kulon Progo untuk mendirikan posko yang berlokasi di depan Pasar Baru Percontohan Sentolo selama masa Operasi Ketupat 2022 bertangsung. Tembusan surat tersebut juga disampaikan kepada Panewu Sentolo dan Lurah Pasar Baru Sentolo. Pasar Baru Percontohan Sentolo yang merupakan Pasar di lingkup UPT wilyah II Dinas Perdagangan dan Perindustrian, sehingga telah dilakukan koordinasi di lingkup UPT wilayah II untuk informasi izin pendirian pantauan lebaran dari Polres Kulon Progo melalui Polsek Sentolo tersebut.

Sejak hari Kamis, 28 April 2022 telah mulai dilakukan siaga pengamanan di Pasar Sentolo Baru yang beroperasi 24 jam untuk mengantisipasi pengamanan lebaran Idul Fitri 1443 H.