KABUPATEN KULON PROGO BENTUK TIM GUGUS TUGAS REFORMA AGRARIA

Wates - Melalui Surat Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 106/A/2022 Tanggal 11 Maret 2022 tentang Tim Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Kulon Progo, kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo Nomor 91/SK-34.01/III/2022 tentang Tim Pelaksana Harian Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Kulon Progo. Dalam arahannya, Bapak Ir. RM. Astungkoro, M.Hum menyampaikan bahwa tim reforma agraria ini dibentuk untuk memfasilitasi aset reforma dan akses reforma, pemberian kesempatan akses permodalan maupun bantuan lainnya kepada subjek reforma agraria, selain itu dibentuknya tim gugus tugas reforma agraria ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pada pemanfaatan tanah, yang disebut juga pemberdayaan masyarakat.

Dalam paparannya, plt. Kepala Kantor Pertanahan Kulon Progo, bapak Teguh Triastono, A.Ptnh., M.M menyampaikan bahwa tahun 2022 ini sesuai hasil rapat Tim pelaksana harian Gugus tugas reforma agraria dalam beberapa kesempatan, Kalurahan Jatimulyo ditetapkan sebagai wilayah sasaran Reforma Agraria tahun 2022.

Kalurahan Jatimulyo merupakan daerah yang dilewati jalur bedah menoreh dan juga berada di kawasan penghubung dengan KSN Borobudur. Oleh karena itu, Jatimulyo menjadi daerah prioritas yang perlu dikembangkan. Dari segi pariwisata, memiliki potensi alam juga seni pagelaran yang saling berkaitan yang sudah banyak mendapat apresiasi baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. Selain itu, banyak IKM dan UMKM yang tumbuh disekitar objek wisata seperti kuliner dan produk olahan seperti sari salak, kopi sulingan dan lain sebagainya. Wilayah ini juga dekat dengan Sentra Industri Minyak Atsiri yang merupakan sentra komoditi satu-satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengingat keterikatan antar sektor di Kabupaten Kulon Progo, Tim Gugus Tugas Reforma Agraria melibatkan banyak unsur instansi (OPD) seperti BAPPEDA, Pariwisata, Lingkungan Hidup, Pertanian dan Pangan, Kelautan dan Perikanan, Perdagangan dan Perindustrian, Kebudayaan, Koperasi UKM, Penanaman Modal dan Perizinan dan sektor terkait lainnya.