AUDIENSI KEDUA PERTAMINA GAS NEGARA DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO

Pada hari ini Selasa 22 April 2022 di Ruang Rapat Menoreh diadakan audiensi antara Pertamina Gas Negara dengan Bapak Bupati Kulon Progo selaku Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari audiensi yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 15 Februari 2022. Audiensi tersebut membahas mengenai Permohonan Dukungan Rencana Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional  Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga Beserta Infrastruktur Pendukungnya Tahun 2022. Hadir dalam acara tersebut Bupati Kulon Progo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bagian Perekonomian, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan OPD terkait.

Dalam hal ini pemerintah mulai menerapkan transformasi penyediaan energi sebagai upaya mengurangi aktivitas import bahan bakar gas (LPG) yang hingga saat ini mencapai kurang lebih 6 juta ton per tahun, maka Program Jaringan Gas secara massif menjadi sangat penting untuk mewujudkan kemandirian energi mengoptimalkan potensi dari sumber daya alam dalam negeri. Oleh karena itu mengingat Kabupaten Kulon Progo dipandang cukup strategis dalam mendukung Program Jaringan Gas tersebut  maka Pertamina Gas Negara mengharapkan dukungan dari Pemkab Kulon Progo.

Untuk rencana Pengembangan Jaringan Gas di Kabupaten Kulon Progo, Pertamina Gas Negara telah melakukan kajian awal dan telah memetakan beberapa wilayah untuk pengembangan khusus yang mempunyai potensi untuk target pemasaran jaringan gas bumi seperti Wates, Sentolo dan Temon.  Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mendukung untuk pembangunan proyek tersebut dan menyampaikan kepada Pertamina Gas Negara untuk memperhatikan proses administrasi perijinan yang harus dipenuhi dan bila kegiatan tersebut akan dilaksanakan perlu adanya MoU terlebih dahulu agar kewajiban dan hak dari masing-masing pihak lebih tegas dan jelas sehingga tidak saling menyalahkan ketika di kemudian hari timbul masalah.