DISTRIBUSI MINYAK GORENG CURAH DI PT VICOLINA

Dinas Perdagangan dan Perindustrian bersama Satgas Pangan Polres Kabupaten Kulon Progo memantau dan mengawasi langsung jalannya proses pendistribusian minyak goreng curah oleh distributor minyak goreng curah PT Vicolina di Kedungsari, Pengasih pada Selasa (29/3). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Ir. Sudarna, MMA. dan Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini, SH, SIK.

Dari hasil pantauan, masyarakat yang membeli sebagian besar berasal dari UMKM Wilayah Kapanewon Pengasih, Wates, Nanggulan, Sentolo, Girimulyo, dan Temon.

Sebagaimana diketahui, minyak goreng curah ini dijual dengan harga Rp 14.000,- perliternya. Sesuai dengan Permendag No. 11/2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Curah sebesar Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.30 hingga 15.00 (selama stok masih ada).

Dalam rangka menjaga ketertiban dan agar lebih tepat sasaran, maka dibuat beberapa aturan, diantaranya pertama, pembeli diharuskan untuk datang sendiri ke lokasi pengambilan. Kedua, pembeli harus membawa KTP sendiri dan tidak bisa mewakilkan kepada orang lain. Ketiga, setiap orang hanya bisa membeli maksimal 38 liter. Keempat, membawa wadah sendiri jerigen 18 liter (kelipatan maksimal 36 liter) atau 5 liter (kelipatan maksimal 35 liter).

Berkaitan dengan ketentuan nomor 4, bagi warga yang tidak memiliki jerigen bisa membelinya di lokasi yang sama. Adapun jerigen yang dijual adalah jerigen 18 liter dengan harga Rp 17.000,- dan jerigen 5 liter dengan harga Rp 10.000,-. Selain itu, warga juga bisa membeli dengan cara menukarkan wadah kosong dengan ketentuan wadah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang diberikan, sehingga layanan bisa lebih cepat karena tidak harus melakukan proses penimbangan.