DISDAGIN KULON PROGO SELENGGARAKAN BIMTEK PENINGKATAN MUTU DAN DESAIN PRODUK

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, melalui Sub Kegiatan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Industri Bidang Perindustrian menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu dan Desain Produk bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah di Kulon Progo selama 2 hari pada tanggal 23 hingga 24 Februari 2022 di Rumah Makan Joglo Girli, Resto & Cafe, Margosari, Pengasih.

Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ir. Sudarna, MMA menyampaikan bahwa saat ini perekonomian Kulon Progo sudah mulai menggeliat, hal ini perlu disikapi dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (pelaku industri) dalam menghasilkan produk-produk. Seiring dengan dimulainya operasional Bandara YIA Kulon Progo, kebutuhan penunjangpun mulai meningkat. Namun, seiring dengan hal tersebut, IKM yang tumbuh di Kulon Progo ini masih perlu terus didorong agar dapat berkembang lebih baik lagi sehingga kualitas maupun kuantitasnya dapat bersaing dengan produk-produk sejenis baik yang datang dari luar Kulon Progo maupun produk-produk pabrikan dari perusahaan-perusahaan besar. Hal ini tentu menjadi tugas kita bersama untuk terus melakukan pembinaan dan pendampingan-pendampingan kepada para pelaku industri kecil dan menengah ini, baik dari sisi Sumber Daya Manusia (kapasitas pelaku usaha industri) maupun dari sisi teknologi serta kualitas mutu dan desain produk industri. Dengan kualitas mutu produk yang dihasilkan serta desain produk yang baik, tentu akan menarik minat konsumen atau calon pembeli untuk berbelanja produk-produk IKM dari Kulon Progo.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa selain memiliki desain produk dan kemasan yang baik, pelaku usaha perlu juga mendaftarkan Merek dan Logo produknya agar produk Kulon Progo terlindungi secara syah atas kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual (seperti Merek dan Logo) di Kementerian Hukum dan HAM. Kedepan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo juga akan terus memberikan pendampingan terkait fasilitasi Merek dan Logo tersebut di Kementerian Hukum dan HAM RI. (aw).