IKM KULON PROGO LOLOS KURASI ESMART IKM DARI KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

Berdasarkan Surat Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Nomor : 552/IKMA.4/IND/IX/2021 tentang Hasil Kurasi Program e-Smart IKM tertanggal 24 September 2021. Sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang bertujuan untuk memperluas akses pasar pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui teknologi digital (online) sekaligus meningkatkan peran pemerintah daerah dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, setelah melalui proses kurasi, IKM yang berasal dari Kulon Progo tahun ini meloloskan 4 (empat) IKM yang berhak mengikuti program e-Smart IKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Menurut Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, Drs. Dewantoro SSP, MM, pelaku IKM yang lolos kurasi program e-Smart IKM tahun ini berasal dari pelaku usaha industri logam (IKM Las dan IKM Permesinan), tentu saja kita bisa berbangga dengan hal ini karena pelan tapi pasti kita harus sudah berpikir untuk mengangkat industri kecil dan menengah ketingkat nasional agar produk-produk IKM dari Kulon Progo bisa lebih dikenal dikalangan nasional bahkan sampai kalangan internasional. Bersyukur tahun ini kita mendapatkan kepercayaan kembali dari pemerintah pusat sehingga beberapa IKM kita (IKM Las dan IKM Permesinan) lolos dalam pendampingan program e-Smart IKM. Hal ini merupakan capaian yang baik, karena beberapa tahun ini industri logam dirintis melalui komunikasi yang baik dan secara intensif hingga mendapatkan perhatian besar dari pemerintah pusat.

Seperti diketahui, beberapa tahun belakangan ini Disdagin Kulon Progo terus membuka jejaring dan komunikasi dengan pemerintah pusat (Kementerian Perindustrian) agar mendapatkan perhatian guna meningkatkan kemampuan dan kapasitas IKM di Kabupaten Kulon Progo. Saat ini, kita harus sudah berfikir jauh kedepan memikirkan peningkatan kapasitas pelaku usaha industri agar tidak ketinggalan dengan produk sejenis yang berasal dari luar Kulon Progo.

Untuk diketahui, pelaku IKM yang lolos kurasi Program eSmart IKM ini akan mendapatkan pendampingan selama 3 (tiga) bulan dan berkesempatan mendapatkan pembinaan lanjutan berupa Workshop Kelembagaan eSmart IKM (Perizinan, TKDN, e-Katalog, Standardisasi dll) serta Pendampingan Pemasaran Online, Penguatan Strategi Bisnis dan Manajemen kelembagaan, serta peningkatan kualitas produk. (aw)