Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Kerajinan Gerabah

         Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kerajinan di Kulon Progo khususnya kerajinan Gerabah, Dinas Perdagangan dan Perindustrin Kabupaten Kulon Progo selenggarakan  Peningkatan Kapasitas Pelaku Industri Kerajinan. Sasaran kegiatan ini adalah Kelompok Pengrajin Gerabah Bumi Lestari, Senik, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo. Berdasarkan Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 26/A/2021 Tentang Sentra Industri Kecil dan Menengah (Sentra IKM) Kabupaten Kulon Progo, Industri Gerabah di Padukuhan Senik, Bumirejo, Lendah masuk dalam Sentra IKM. Keberadaan  kerajinan gerabah di Senik memang sudah puluhan tahun ada bahkan sudah melewati beberapa generasi, namun secara umum kiprah dan eksistensinya belum begitu dikenal oleh masyarakat di Kulon Progo. Basic produk tradisional seperti tungku, blengker, kawali, kendil, gentong, padasan, cobek dan aneka alat rumah tangga menjadi ciri khas dari gerabah senik yang saat ini hanya diminati oleh kalangan tertentu. Hal inilah yang mendorong diadakannya peningkatan kapasitas pelaku industri kerajian gerabah.

            Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 27-29 September 2021 bertempat di rumah Bpk Dukuh Senik, Bumirejo, Lendah diikuti oleh 15 orang pengrajin gerabah..  Pemateri sekaligus pelatih pada kegiatan tersebut  adalah Dicky Bisma Saputra pemilik Sekolah Gerabah Nangsib beserta tim instruktur praktisi gerabah  dari Sentra Gerabah Kasongan Bantul. Hari pertama, peserta diberikan pemahaman tentang teknik-teknik pembuatan gerabah dan bahan-bahan yang digunakan. Selanjutnya diarahkan untuk membuat bentuk menggunakan bahan yang sudah tersedia. Hari kedua, peserta dikenalkan tata cara membuat cetakan gerabah dengan bahan gypsum. Hari ketiga, dilakukan pelatihan tentang teknik finishing produk gerabah, peserta melakukan pengecatan terhadap objek gerabah yang telah selesai proses pembakarannya. Selain menghasilkan produk yang unggul tentunya perlu pengenalan dan perluasan media pemasaran,oleh karenanya dihari terakhir pelatihan  juga dilakukan pembekalan pemasaran online secara sederhana kepada dua orang anggota.

            Kepala Seksi Industri Sandang, Kulit dan Kerajinan Ibu Tri Driyanti, S.E.,M.M. selaku penyelenggara kegiatan,  adanya pelatihan peningkatan kapasitas, pelaku industri gerabah harapannya dapat meningkatkan kemampuan menghasilkan produk yang  berdaya saing dengan kerajinan gerabah-gerabah lainnya. Para pengrajin gerabah di Sentra Gerabah Senik  dengan basic gerabah tradisional tidak semerta untuk meninggalkan model barang yang sudah dihasilkan, namun harus ada sentuhan dan inovasi agar mampu diminati oleh para konsumen. Perlu adanya ajang unjuk hasil karya para pengrajin baik secara offline maupun online agar lebih dikenal masyarakat bahwa di Kulon Progo ada sentra produksi kerajinan gerabah.