DISDAGIN KULON PROGO SELENGGARAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU INDUSTRI MAKANAN MINUMAN

Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Peningkatan kapasitas Pelaku Industri, kemarin pada tanggal 20-21 September 2021 di Rumah Makan Joglo TP, Karangsari, Kecamatan Pengasih. Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan tentang industry 4.0, pemasaran online, desain kemasan dan HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Iffah Mufidati, SH, MM, dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam upaya pemulihan ekonomi Kabupaten Kulon Progo, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melakukan pembinaan bagi para pelaku Industri Kecil dan Menengah dengan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) pelaku industri agar mampu berkembang dalam meningkatkan perekonomian pasca pandemi Covid 19 ini. Salah satu program pemberdayaan masyarakat dalam pemulihan ekonomi bagi para pelaku industri adalah Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku Industri khususnya industri agro makanan dan minuman agar tidak kalah bersaing dengan produk sejenis dari luar Kulon Progo.

Senada dengan hal tersebut, Atik Yuni Wardhani, SP selaku Kepala Seksi Industri Agro, Makanan dan Minuman juga menyampaikan bahwa proses penyaringan peserta pelatihan kali ini dilakukan melalui website dan media online (IG, FB, Twitter) dan calon peserta mengirim data melalui google form, selanjutnya dilakukan seleksi administrasi berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan, dan dari peserta yang lolos seleksi administrasi dilakukan seleksi wawancara melalui telepon, sehingga peserta diharapkan dapat melaksanakan pelatihan secara serius, berbeda dengan tata cara pemilihan peserta yang lalu yang dilakukan secara tunjukan.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian akan terus menerus melakukan pembinaan kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) khususnya Industri Agro, Makanan dan Minuman untuk dapat mengelola usaha industrinya dengan lebih baik agar tidak kalah dengan produk sejenis dari luar Kulon Progo, saat ini kegiatan Peningkatan Kapasitas Pelaku Industri ini diikuti pelaku IKM Berbasis Agro, Makanan dan Minuman di Kulon Progo sebanyak 15 orang.

Drs. Dewantoro SSP, MM selaku Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo juga turut  menyampaikan terkait Peran Media Sosial dalam Pengembangan Usaha, kiat-kiat sukses menjadi pengusaha, baik sukses secara materi, maupun sukses secara immateri. Menurut beliau, kesuksesan dalam mengelola usaha industri harus dilandasi dengan komitmen kuat dan kedisiplinan dalam menjalankan usahanya.

Selain Kepala Bidang Perindustrian, pemateri lain Ade Wahyudiyanto, ST, M.IL juga menyampaikan banyak hal, diantaranya terkait pengembangan Smart IKM, industry 4.0 serta pengelolaan menggunakan media internet dan media sosial sebagai sarana pemasaran (e-commerce) sedangkan Septian Aryo Cahyo Seto menyampaikan pemanfaatan media sosial sebagai salah satu cara memasarkan produk dan sekaligus praktikum penggunaan Instagram dalam proses pemasaran. Kedepan, diharapkan pelaku IKM Kulon Progo dapat mengoptimalkan pemanfaatan media online untuk pemasaran sehingga produk-produk Kulon Progo dapat berkembang dan tersebar keberbagai wilayah.

Pada kesempatan yang sama dihari kedua, Guntur Prakoso, ST dari Balai Pengembangan Tekno;ogi Tepat Guna DIY juga menyampaikan materi terkait Desain Kemasan produk. Dilanjutkan pemateri lainnya, Deni Setiawan, A.Md menyampaikan tentang tata cara memperoleh Hak Kekayaan Intelektual sebuah produk, mendaftarkan Merk, Logo produk Industri Kecil dan Menengah (*ayw).