BIMTEK PROSEDUR EKSPOR BAGI PELAKU USAHA RETAIL

Dalam rangka menicptakan kompetensi pelaku usaha yang mempunyai produk ekspor dan berorientasi ekspor di Kabupaten Kulon Progo untuk dapat bersaing di luar negeri, maka Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Bimbingan Teknik Prosedur Ekspor Bagi Pelaku Usaha Retail. Bimbingan Teknis tersebut telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 8 – 9 September 2021 di Rumah Makan Joglo TP Kapanewon Pengasih. Peserta bimbingan teknik ini terdiri dari pelaku usaha yang bergerak didalam usaha batik, olahan hasil pertanian dan kerajian serat alam yang berjumlah 25 orang.

Pada hari pertama peserta bimbingan teknik diberikan 3 (tiga) materi yang pertama tentang Produk Lokal Andalan Kabupaten Kulon Progo Menembus Pasar Global yang disampaikan oleh Iffah Mufidati, SH, MM selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, materi kedua tentang Jasa Ekspedisi Luar Negeri yang disampaikan oleh FedEX dan materi yang ketiga tentang Perijinan OSS yang disampaikan oleh DPMPT Kabupaten Kulon Progo.

Sedangkan pada hari kedua materi yang diberikan adalah tentang Strategi  Menembus Pasar Ekspor yang disampaikan oleh Disperindag DIY dan Marketing Gigital Luar Negeri yang disampaikan oleh konsultan marketing yang sudah berkompeten dibidangnya.

Dengan adanya Bimbingan Pelatihan Prosedur Ekspor Bagi Pelaku Usaha Retail tersebut diharapkan pelaku usaha mampu untuk berkompetisi dan bersaing secara madiri untuk dapat merebut pasar ekspor sehingga nantinya mereka akan naik kelas menjadi eksportir baru di Kabupaten Kulon Progo.