CV. KHS BERKESEMPATAN UJICOBA/TRIAL 100% OPERASIONAL DENGAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT

CV. Karya Hidup Sentosa yang memproduksi alat-alat mesin pertanian bermerek Quick bersiap beroperasi 100%, berdasarkan Surat Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Nomor : B/368/KPAII/VIII/2021 tentang Daftar Perusahaan Industri Sektor Esensial yang beroperasi penuh di Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat 5 (lima) perusahaan yang diperbolehkan ujicoba/trial operasi 100%, salah satunya adalah CV. Karya Hidup Sentosa (KHS), Sentolo. 

Menurut Kepala Seksi Industri Logam Kimia dan Aneka, Ade Wahyudiyanto, ST, M.IL, ujicoba/trial pengoperasian 100% ini harus tetap memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kementerian Perindustrian. Hasil pemantauan yang dilakukan pada hari Selasa, 24 Agustus 2021, CV. KHS telah menerapkan skrining awal melalui aplikasi Peduli Lindungi yang berlaku bagi pekerja maupun tamu/pengunjung. Penerapan pemisahan bagi pekerja saat beristirahat dan beribadah di area pabrik dan aktifitas lain yang berpotensi terjadi kerumunan juga telah dilakukan. CV. KHS juga melakukan vaksinasi bagi pekerjanya sehingga hanya tinggal sebagian kecil pekerja yang belum vaksinasi karena beberapa alasan medis Kesehatan.

Pada kesempatan lain, Kepala Bidang Perindustrian Drs. Dewantoro SSP, MM menyampaikan bahwa kabar baik ini diharapkan dapat menular kepada perusahaan lain mengingat penerapan operasional ini (dengan syarat ketat yang harus dipenuhi) dapat berpengaruh pada upaya pemulihan perekonomian di Kabupaten Kulon Progo. Kedepan kami juga berharap perusahaan lain juga mendapatkan ijin untuk beroperasi 100% maka, Dewantoro berharap IOMKI yang telah dimiliki selalu disampaikan secara rutin melalui portal SIINAS. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo akan terus melakukan pemantauan penerapan IOMKI, perusahaan esensial pemilik IOMKI di Kabupaten Kulon Progo berhak memperoleh kesempatan untuk beroperasi 100% dengan protokol Kesehatan yang ketat dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.