KEJADIAN MENARIK… SAAT EDUKASI TERA ULANG TIMBANGAN DI PASAR DESA BANJAROYO KALIBAWANG

Pasar Desa Banjaroyo Kalibawang berada di ujung utara Kabupaten Kulon Progo hampir berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Ada sekitar 100 pedagang di pasar ini dan sebagiannya memiliki timbangan meja dan timbangan elektronik untuk aktifitas jual beli mereka.

Pada hari jumat tanggal 20 Agustus 2021, UPT metrologi Legal mengadakan kegiatan sosialisasi untuk mengedukasi tentang pentingnya tera timbangan kepada para pedagang. Kepala UPT Metrologi Legal Kulon Progo Bekti Cahyono ST menugaskan  1 Petugas Penilai Pelayanan Kemetrologian R Cahyo Dwi Sisworo ST, dan Bapak Yuwono seorang reparatir timbangan yang dilaksanakan sosialisasi tersebut dari jam 08.00 – 10.00 WIB. Mayoritas pedagang menyambut positif kegiatan ini karena lebih membuka wawasan mereka terhadap kewajiban yang harus dipenuhi.  

Ada kejadian menarik saat petugas menyampaikan hal hal yang berkaitan dengan sanksi jika menggunakan timbangan yang belum ditera / tera ulang untuk kepentingan umum. Petugas menyampaikan kepada Bu Tini (pedagang ayam) bahwa ada sanksi administrasi dan sanksi pidananya. Mendengar penjelasan itu, seorang pedagang yang berada di sebelah Bu Tini langsung memanggil petugas untuk melakukan pengecekan pada timbangan miliknya. Setelah di lakukan identifikasi di dapat data bahwa timbangan tersebut memang belum ditera ulang. Kemudian minta pada petugas  untuk segera menera ulang timbangannya.

Dari hasil edukasi di Pasar Banjaroyo kalibawang, petugas mendata  ada 153 alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya ( UTTP ) untuk di tera ulang yang terdiri dari 30 Timbangan Meja dan 123 Anak Timbangan.