METROLOGI LEGAL KULON PROGO LAKSANAKAN TERA ULANG TIMBANGAN ELEKTRONIK CARGO BANDARA YIA

Hari Rabu tanggal 18 Agustus 2021 jam 09.00 – 14.00 WIB, UPT Metrologi Legal Kulon Progo menyelesaikan tugas tera ulang timbangan cargo di Yogyakarta International Airport.

Ada dua lokasi tera ulang yaitu di cargo PT Buana Citradjaya Dirgantara dan cargo expot – import Angkasa Pura 1. Ada lima Timbangan Elektonik dengan spesifikasi 2 timbangan kapsitas 2000 kg, 2 timbangan kapasitas 1500 kg dan 1 timbangan dengan kapasitas 150 kg.

Kepala UPT Metrologi Legal Kulon Progo Bekti Cahyono ST menugaskan  2 orang penera Ahli yaitu Risky Yudi Asmanto ST, MT dan Agus Ruwiyanto ST MSi, beserta Petugas Penilai Pelayanan Kemetrologian R Cahyo Dwi Sisworo ST dan I Nugroho ST, untuk melaksanakan tugas tera ulang ini.

PT Buana Citradjaya Dirgantara adalah jasa pengiriman barang via maskapai penerbangan yang punya 3 cabang di seluruh Indonesia yaitu Jogjakarta, Jakarta dan Surabaya. Pandemi covid 19 berdampak penurunan jumlah kiriman barang menjadi kisaran 10 -15 ton per hari. Sedangkan di waktu normal di luar PPKM bisa mencapai pengiriman 40 ton perhari.

Sedangkan cargo export import Angkasa Pura 1 yang berada di area Bandara YIA kondisinya tidak jauh berbeda, ada dampak dari pandemi covid 19 berupa penurunan jumlah pengiriman.

Dengan telah selesainya tera ulang timbangan ini maka timbangan Elektronik di kedua cargo ini  dinyatakan telah memenuhi standart teknis Metrologi Legal.