Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional II Laksanakan Interkomparasi Di Metrologi Legal Kulon Pr

Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional II untuk wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara pada hari Kamis dan jumat tanggal 22 – 23 Juli 2021 menyambangi UPT Metrologi Legal Kulon Progo untuk Uji Interkomparasi.

Petugas BSML Marju Hartono A.Md melaksanakan Uji komparasi di laboratorium UPT dari jam 09.00 – 11.00 WIB dan didampingi langsung oleh Penera Ahli UPT Metrologi Legal Kulon Progo yaitu Agus Ruwiyanto ST MSi dan Rizky Yudi Asmanto ST MT.

Dalam kesempatan terpisah juga terjadi dialog seputar kemetrologian dengan Kasubag tata usaha metrologi Tien Astuti S.Pd dan Penilai Pelayanan Kemetrologian R Cahyo Dwi Sisworo ST serta I Nugroho ST.

Interkomparasi dilaksanakan oleh BSML Regional II dengan membawa 2 alat standar Anak Timbangan yang telah menjadi artefak (alat standar yang telah disimpan dan tidak digunakan lagi untuk pengujian dan sudah tidak diverifikasi kembali) yaitu Anak Timbangan  nominal 1000 gram kelas M1 dan Anak Timbangan nominal 200 gram kelas M2

Interkomparasi dilakukan untuk mengetahui perbandingan sampai mana kinerja dari aspek laboratorium pengujian yang dimiliki kabupaten atau kota dengan dasar Protokol yang dibuat oleh BSML Regional II sendiri.

Sertifikat Anak Timbangan hasil uji interkomparasi ditandatangani langsung oleh Kepala UPT Metrologi Legal Kulon Progo Bekti Cahyono ST dan  hasil uji Interkomparasi Alat Standar Laboratorium UPT Metrologi Legal Kulon akan diberitahukan setelah 6 siklus (6 pengujian di laboratorium UPT Metrologi Kabupaten/Kota)  selesai dilaksanakan uji komparasi yang sama.