DISDAGIN KP IKUTI RAPAT PEMBENTUKAN JABATAN FUNGSIONAL PEMBINA INDUSTRI

Sehubungan dengan rencana penyederhanaan struktur organisasi pada level Eselon III dan Eselon IV di lingkungan Pemerintah Daerah diseluruh Indonesia, serta penyeteraan Jabatan Administrator dan Pengawas ke dalam Jabatan Fungsional (JF) maka Kementerian Perindustrian melakukan pembahasan Pembentukan JF Pembina Industri. Pembentukan JF Pembina Industri diharapkan dapat mengakomodir tugas dan fungsi organisasi terkait pembinaan industri yang tidak tercakup dalam tugas dan fungsi JF yang ada pasca penyederhanaan birokrasi.

Pertemuan pembahasan pembentukan Jabatan Fungsional Pembina Industri ini dihadiri oleh seluruh OPD yang membidangi Perindustrian se Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan di Hotel Royal Darmo Malioboro pada tanggal 18 Juni 2021.

Rencana penerapan fungsionalisasi jabatan ini menjadi salah satu upaya reformasi birokrasi di pemerintahan agar semakin meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara serta menjaga integritas dan profesionalisme demi memberikan pelayanan yang prima. Salah satu upaya Kementerian Perindustrian dalam meningkatkan kompetensi jabatan fungsional (JF) di lingkup kementerian dan Pemerintah Daerah di Bidang Urusan Perindustrian adalah melalui penyusunan JF baru, yaitu Pembina Industri selain JF yang sudah ada, yaitu JF Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan. (aw)