Metrologi Legal Kulon Progo mendampingi Uji Tipe WIM, Jembatan Timbang Pertama di Indonesia

Hari Sabtu tanggal 12 Juni 2021 UPT Metrologi Legal Kulon Progo melakukan pendampingan Uji Tipe Jembatan timbang WIM ( Weight in Motion ) di Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor ( UPPKB ) Kulwaru Wates Kulon Progo. Uji Tipe dilakukan langsung oleh Direktrorat Metrologi yang berkantor pusat di Bandung Jawa Barat. WIM adalah timbangan jembatan  yang cara menimbangnya dengan berjalan agar tidak menimbulkan kemacetan. WIM dipasang di jalan utama sedangkan display nya dipantau dari dalam kantor UPPKB.

Ditemui di ruang kerjanya, kepala UPPKB Kulwaru Sigit Saryanto SE MM menyampaikan bahwa ada 200 buah lebih truk dan armada angkutan yang patuh melewati jembatan penimbangan di UPPKB Kulwaru Wates. Selebihnya kisaran 50 an armada tidak bersedia melewati jembatan penimbangan. Kemungkinan karena dikejar waktu ataupun karena kuatir terdeteksi beban barang melebihi ambang batas.

Dengan tersedianya jembatan timbang model WIM ini diharapkan semua armada angkutan barang bisa terdeteksi kapasitas maksimum barangnya dan tidak perlu repot untuk berbelok di jembatan timbang yang lama.

Kepala UPT Metrologi Legal Kulon Progo Bekti Cahyono ST menugaskan  2 orang penera Ahli yaitu Risky Yudi Asmanto ST, MT dan Agus Ruwiyanto ST MSi, beserta Petugas Penilai Pelayanan Kemetrologian R Cahyo Dwi Sisworo ST, untuk melaksanakan pendampingan uji Tipe tersebut.