Layanan Pengaduan Pasar Daerah

Salah satu bentuk layanan publik Pemerintah yaitu layanan pengaduan, yang merupakan tempat/wadah bagi masyarakat untuk mengutarakan keluhan atau pengaduan. Penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat, berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan tata kelola Pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik.

Pengawasan pelayanan publik melalui pengaduan masyarakat juga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, mengurangi potensi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah  masyarakat. Sistem penanganan pengaduan selain sebagai penyalur kepentingan masyarakat juga memiliki aspek pemberdayaan. Tersedianya layanan pengaduan masyarakat mendorong masyarakat untuk memahami haknya dan kemudian dapat mengajukan keluhan.

Website Layanan pengaduan pasar daerah diluncurkan sebagai wujud transparansi dan penanganan keluhan bagi masyarakat luas terutama pedagang dan pengunjung pasar daerah, Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk menyampaikan pengaduan karena aduan dapat disampaikan melalui gadget masing-masing sehingga masyarakat lebih mudah menyampaikan laporan secara online.

Meskipun Dinas Perdagangan dan Perindustrian menerima segala laporan dari masyarakat, terkait dengan pasar daerah namun petugas tetap akan mengklarifikasi terlebih dahulu setiap laporan yang masuk melalui berbagai pentahapan. Terutama untuk menghindari orang-orang tidak bertanggungjawab.

Dengan diluncurkannya website layanan aduan pasar daerah diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik di Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta keluhan masyarakat dapat ditangani lebih cepat.