UPT METROLOGI LEGAL KULON PROGO MELAKSANAKAN PENGAWASAN BARANG DALAM KEADAAN TERBUNGKUS PRODUK IKM

Dalam rangka memberikan perlindungan dalam hal kebenaran hasil pengukuran, penakaran dan penimbangan produk yang diperjual belikan di masyarakat, Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II bekerjasama dengan UPT Metrologi Legal Kabupaten Kulon Progo pada hari Rabu dan Kamis tanggal 21-22 April 2021 melakukan pengasawan terhadap BDKT (Barang Dalam Keadaan Terbungkus) yang dihasilkan oleh pelaku usaha / IKM yang ada di Wilayah Kabupaten Kulon Progo. Tim dari BSML Regional II terdiri dari 2 orang yaitu Arif Nurjaya ST dan Andhang Windarto ST M.Eng.  

Kepala UPT Metrologi Legal Kabupaten Kulon Progo Bekti Cahyono ST, menugaskan Diah Galih NJ ST ( Pengawas Kemetrologian ) dan I Nugroho ST ( Penilai Pelayanan Kemetrologian) untuk mendampingi kegiatan pengawasan tersebut.

 Pada pengawasan yang pertama diambil sampel dari IKM Sumber Rejeki yang berfokus pada produksi gula semut dengan merk "Adana". Dari IKM Sumber Rejeki ini mengambil sample 125 buah BDKT produk gula semut dengan berbagai ukuran dan varian rasa. Dari pengamatan dan penimbangan yang dilakukan pada sample yang diambil dapat disimpulkan bahwa berat bersih / netto produk sudah sesuai dengan berat bersih yang ditampilkan pada kemasan. Catatan yang diberikan oleh tim dari BSML Regional II bahwa ukuran huruf yang digunakan untuk menuliskan berat bersih / netto bisa diperbesar lagi sesuai dengan yang dipersyaratkan (lebih dari 4mm) agar mudah terbaca oleh konsumen.

Pengawasan yang kedua dilakukan kepada produk Kopi olahan dari IKM Kopi Moka Menoreh yang melakukan usaha diwilayah Samigaluh. Dari IKM Kopi Moka Menoreh ini, Tim pengawasan mengambil sample sejumlah 80 bungkus kopi dengan kemasan 100 gram. Dari pengamatan dan penimbangan yang dilakukan pada sample yang diambil dapat disimpulkan bahwa berat bersih/netto produk sudah sesuai dengan berat bersih yang ditampilkan pada kemasan, juga jenis dan ukuran huruf yang digunakan pada penunjukan berat bersih dan informasi lainnya sudah sesuai dengan ketentuan.

 

Dengan demikian produk dan kemasan IKM Sumber Rejeki dan IKM Kopi Moka Menoreh dinyatakan telah sesuai ketentuan.