DISDAGIN KULON PROGO SELENGGARAKAN SOSIALISASI LEGALITAS USAHA BAGI IKM

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Industri Logam Kimia dan Aneka bidang Perindustrian menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Legalitas. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua (2) hari dari tanggal 9 hingga 10 Maret 2021 dan dibuka oleh Ibu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Iffah Mufidati, SH, MM, bertempat di RM Joglo Girli Café and Resto, Margosari, Pengasih.

Dalam Sambutannya, Ibu Iffah menyampaikan bahwa Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2021 ini memprioritaskan kegiatan pada program percepatan pemulihan ekonomi bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19, salah satunya adalah dengan menghadirkan bapak/ibu peserta dalam pertemuan Sosialisasi Legalitas ini untuk meningkatkan kapasitas pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui legalitas usahanya.

Sosialisasi Legalitas Usaha ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pelaku usaha di Kabupaten Kulon Progo yang didapatkan dari dinas terkait diantaranya dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Hal ini penting dilakukan, mengingat legalitas usaha bagi pelaku usaha industri ini besar perannya untuk memberikan kepastian perlindungan hukum, akses permodalan dan memberikan kepercayaan kepada para konsumen yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan para pelaku IKM.

Sosialisasi Legalitas Usaha ini mengundang 30 orang peserta yang berasal dari pelaku usaha industri berbasis logam kimia dan aneka (seperti industri genteng, bata merah, industri olahan pasir semen, batako, paving blok, buis beton dan lain-lain) yang belum memiliki izin dan atau sudah memiliki izin tetapi belum diperbaharui atau belum menggunakan aplikasi Online Single Submission (OSS) dan mengenalkan SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional) di Kabupaten Kulon Progo.

Bagi pelaku usaha yang berkelompok juga mendapatkan Sosialisasi terkait permohonan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan latihan menyusun AD/ART dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo. Pada akhir kegiatan, peserta langsung mempraktikkan melakukan permohonan secara online melalui OSS dan peserta yang mengikuti ini bisa langsung memperoleh izin (cetak fisik dan cetak digital) dan membawa pulang hasil permohonan perizinan berupa Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK). (aw)