Pembinaan Manajemen Produksi Bagi Pelaku Industri Berbasis Sandang, Kulit dan Kerajinan

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Manajemen  Produksi bagi 20 peserta dari IKM berbasis Kerajinan. Kegiatan dilaksanakan  selama dua hari yakni  hari senin dan selasa  22-23  Februari 2021 di Aula Arjuna RM. Dapur Semar, Wates, Kulon Progo. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan penuh protokol kesehatan guna menangkal persebaran covid 19 di masa pandemi.

            Pada hari pertama para peserta di bekali tentang materi : Perencanaan Produksi, Indentifikasi Selera Pasar dan Efisiensi Tata Letak, serta Pengendalian Kualitas Produk. Materi disampaikan oleh para penyuluh Perdagangan dan Perindustrian  Disdagin Kulon Progo. Faktor perencanaan menjadi suatu kunci dalam menentukan arah dan keberhasilan usaha produksi. Kegiatan berproduksi memerlukan  adanya pemetaan terhadap selera pasar barang hasil produksi dan pemetaan tata letak kegiatan produksi yang efisien serta efektif.    

            Hari terakhir pembinaan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Ibu Iffah Mufidati, S.H.,M.M. hadir secara langsung dan memberikan motivasi bagi para pelaku Industri Kerajinan. Belajar dari Konsep Bela Beli Kulon Progo adalah kebijakan untuk memaksa masyarakat menggunakan produk lokal dan pada akhirnya bangga dengan hasil karya sendiri. Kepala Dinas berpesan kepada para peserta untuk menjadi pelaku usaha yang tangguh terutama dalam masa pandemi saat ini “orang sukses lupa sambat”,  “niteni, niru, nambahi”.

            Adanya pembinaan manajemen  produksi ini diharapkan mampu memberikan tambahan ilmu bagi para peserta tentang berproduksi yang ideal. Pada akhirnya mampu memberi kontribusi dalam menumbuhkan ekonomi di Kabupaten Kulon Progo melalui sektor IKM Kerajinan. (wk)